Kasanah, Uswatun (2022) Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932133917_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932133917_bab1.pdf Download (496kB) |
|
Text
932133917_bab2.pdf Download (545kB) |
|
Text
932133917_bab3.pdf Download (328kB) |
|
Text
932133917_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
932133917_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
Text
932133917_bab6.pdf Download (277kB) |
|
Text
932133917_daftarpustaka.pdf Download (391kB) |
|
Text
932133917_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) |
Abstract
Karakter religius bisa diartikan bagaimana mengaplikasikan atau mengukir nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku seseorang berlandaskan ajaran agama. Kebijakan tersebut dibuktikan dengan melaksanakan perintah agama dan menjauhi larangan agama. Proses pembentukan karakter religius dapat dilakukan pada lingkup sekolah sebagai usaha untuk mencegah perilaku menyimpang. Pada masa pandemi Coid-19 beberapa waktu terakhir dapat mempengaruhi aspek pendidikan, salah satunya yang menjadi sorotan utama yaitu pada perilaku siswa. Dalam membentuk karakter religius siswa yang ada di SMK PGRI 2 Kediri guru melakukan berbagai upaya secara terus menerus. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana usaha guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMK PGRI 2 Kediri 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMK PGRI 2 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter religius siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara yang mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan pengamatan yang tekun, perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan tahap-tahap penelitian ini melalui tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap akhir penelitian.Hasil penelitian ini dapat dibagi menjadi sebagai berikut: (1) Usaha guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa yaitu dengan membiasakan bertutur kata yang baik, datang tepat waktu, berdo’a sebelum dan setelah pembelajaran baik ketika pembelajaran daring atau luring, mengetes bacaan sholat siswa, melaksanakan sholat berjama’ah, dan melaksanakan istighosah setiap hari Jum’at. (2) Faktor pendukung dan penghambat Guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa yaitu faktor pendukung orang tua paling utama dalam membentuk karakter religius siswa karena orang tua mampu mendorong siswa untuk giat melaksanakan sholat lima waktu dan membiasakan membaca Al-Qur’an setiap hari. Selain orang tua faktor pendukung lainnya yaitu lingkungan sekitar, karena lingkungan tempat berinteraksi siswa setiap harinya ketika lingkungan itu baik maka akan mudah dan mampu membaca dan giat untuk melaksanakan sholat lima waktu dengan tertib. Sedangkan faktor penghambat yaitu lingkungan da minimnya kesadaran siswa akan tanggung jawab diri sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Uswatun Kasanah |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 04:42 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 04:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6989 |
Actions (login required)
View Item |