Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Dalam E-commerce Pada Mahasiswa Psikologi Islam Angkatan 2019 di IAIN Kediri

Aslikhah, Aslikhah (2022) Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Dalam E-commerce Pada Mahasiswa Psikologi Islam Angkatan 2019 di IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933426318_prabab.pdf

Download (395kB)
[img] Text
933426318_bab1.pdf

Download (467kB)
[img] Text
933426318_bab2.pdf

Download (543kB)
[img] Text
933426318_bab3.pdf

Download (665kB)
[img] Text
933426318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
933426318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
933426318_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
933426318_daftarpustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

ABSTRAK Aslikhah, 2022. PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING DALAM E-COMMERCE PADA MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM ANGKATAN 2019 DI IAIN KEDIRI, Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, Pembimbing (I) Dr. M. Qomarul Huda, M.Fil.I, dan (II) Ervin Abdillah, M.A. Kata kunci : Hedonic Shopping Motivation, Impulse Buying, E-commerce Hedonic shopping motivation yaitu dorongan saat berbelanja karena menimbulkan adanya keinginan dan merasakan kesenangan ketika mengamati tempat belanja. Sedangkan impulse buying merupakan pembelian pada suatu barang secara tidak masuk akal, tiba-tiba dan membutuhkan waktu yang sangat cepat tidak disesuai dengan list belanjaan. Menurut hasil data observasi dan wawancara pada mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2019 ini bahwa subjek yang memiliki karakter pembelian secara implusif (impulse buying) termasuk ke dalam kategori sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Tingkat Impulse Buying dalam Ecommerce Pada Mahasiswa Psikologi Islam Angkatan 2019 di IAIN Kediri. 2. Sumbangan efektif hedonic shopping motivation terhadap impulse buying dalam e-commerce pada mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2019 di IAIN Kediri 3. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying dalam Ecommerce Pada Mahasiswa Psikologi Islam Angkatan 2019 di IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa prodi Psikologi Islam IAIN Kediri angkatan 2019 yang berjumlah 234 mahasiswa, besaran sampel sebesar 67 mahasiswa, penentuan sampel berdasarkan dengan rumus sampel Slovin margin of eror 5% dan penentuan sampel juga menggunakan teknik probability sampling melalui teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kedua variabel yang diolah menggunakan SPSS for Windows Version 22. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini adalah: 1. Tingkat impulse buying dalam e-commerce pada mahasiswa psikologi Islam angkatan 2019 di IAIN Kediri masuk dalam kategori sedang 50 orang dengan persentase 75%. 2. Sumbangan efektif hedonic shopping motivation terhadap impulse buying adalah sebesar 0,632, dapat disimpulkan bahwa variabel hedonic shopping motivation mempengaruhi langsung terhadap variabel impulse buying yaitu sebesar 63,2% dan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 3. Pengaruh positif antara hedonic shopping motivation terhadap impulse buying dalam ecommerce pada mahasiswa psikologi Islam angkatan2019 di IAIN Kediri, dilihat dari coefficients nilai t hitung sebesar 10.574 dan nilai signfikasi sebesar 0,000. Dimana nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 10.574 > 0,385 Sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi dinyatakan linier dengan t=10.574, p = 0.00 < 0.05. Sehingga prediksi hedonic shopping motivation terhadap impulse buying signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Aslikhah Aslikhah
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:04
Last Modified: 25 Nov 2022 03:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6943

Actions (login required)

View Item View Item