Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Lansia Di Pondok Pesantren Lansia Roudhotul Ulum Kencong Pare

Karimah, Yatimatul (2019) Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Lansia Di Pondok Pesantren Lansia Roudhotul Ulum Kencong Pare. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
9210074035_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
92100714035_BAB1.pdf

Download (696kB)
[img] Text
92100714035_BABII.pdf

Download (900kB)
[img] Text
92100714035_BABIII.pdf

Download (663kB)
[img] Text
92100714035_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text
92100714035_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
92100714035_BABVI.pdf

Download (594kB)
[img] Text
92100714035_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (483kB)
[img] Text
92100714035_PernyataanPersetujuan.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK YATIMATUL KARIMAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag : Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Lansia Di Pondok Pesantren Lansia Roudhotul Ulum Kencong Pare Tahun 2018, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci : Lansia, Pendidikan Agama Islam, Pondok Pesantren. Pendidikan Agama Islam penting bagi lanjut usia untuk meningkatkan sikap keberagamaan. Pada masa ini, mereka membutuhkan bimbingan spiritual agar hati mereka lebih tenang. Fokus Penelitian dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada santri lanjut usia di Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Kencong Pare? 2) Bagaimana materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada santri lanjut usia di Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Kencong Pare? 3) Bagaimana metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada santri lanjut usia di Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Kencong Pare? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada santri lanjut usia di Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Kencong Pare? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual, analisisnya dilakukan dengan menggunakan tiga jalur yaitu: Reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Penelitian menunjukkan tujuan Pendidikan Agama Islam pada santri lansia adalah memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah santri agar terbentuk kedekatan dengan Allah SWT, tenang hatinya, dan mencapai husnul khotimah. Materi yang disampaikan meliputi ilmu membaca al-Qur’an, fiqh, akhlak, dan tasawuf. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, sorogan, dan latihan. Evaluasi pembelajaran diadakan secara fleksibel dengan cara pengamatan perilaku santri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yatimatul Karimah
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:45
Last Modified: 24 Nov 2022 04:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item