Lutfianur, Dwi Septi (2022) Etika Pelajar Dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al- Muta’alim Karya Kh. M. Hasyim Asy’ari Dan Relevansinya Dengan 18 Karakter Kementerian Pendidikan Dan Budaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932128218_prabab.pdf Download (846kB) |
|
Text
932128218_bab1.pdf Download (702kB) |
|
Text
932128218_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
|
Text
93218218_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
Text
932128218_bab4.pdf Download (333kB) |
|
Text
932128218_Daftar Pustaka.pdf Download (335kB) |
|
Text
932128218_suratpernyataan.pdf Download (327kB) |
Abstract
ABSTRAK DWI SEPTI LUTFIANUR. 2022. Etika Pelajar Dalam Kitab Adab al- „Alim wa al-Muta‟allim, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN KEDIRI. Pembimbing (1) Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan (2) M.Bik Muhtaruddin,M.Th.I. Kata Kunci : Etika, Pelajar, dan KH. Hasyim Asy‟ari. Latar belakang ini adalah realita dalam pendidikan era sekarang, dimana pelajar yang seharusnya memiliki akhlak dan kepribadian yang luhur justru malah sebaliknya. Banyaknya kejadian kasus yang sangat memprihatinkan terjadi dalam dunia pendidikan seperti kasus tawuran antar pelajar, minum- minuman keras, narkoba dan lain sebagainya. Eksistensi moral dan etika justru menjadi semakin degradasi dan kurang diperhatikan dalam dunia pendidikan. Kajian tentang etika bukanlah menjadi hal yang asing karena telah banyak diungkapkan oleh tokoh seperti imam al- Ghazali, Ibnu Maskawaih, Syech al- Zarnuji, KH Hasyim Asy‟ari dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui konsep etika pelajar dalam kitab Adab al- „Alim wa al-Muta‟allim (2) mengetahui relevansi etika pelajar dalam kitab Adab al- „Alim wa al-Muta‟allim dan relevansinya dengan 18 karakter KEMENDIKBUD. Penelitian ini menggunakan penelitian Library Research yang dilakukan dengan menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari data primer yaitu kitab Adab al- „Alim wa al-Muta‟allim dan data sekunder yang berupa jurnal atau lainnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data yang berupa isi atau disebut content analysis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa KH. Hasyim Asy‟ari berpandangan bahwa sebagai pelajar harus memiliki ilmu pengetahuan dan mempunyai etika yang sesuai dengan kaidah atau nilai dalam pendidikan islam, etika pelajar menurut KH. Hasyim Asy‟ari menyajikan sebuahkonsep yaiu pendidikan batiniah atau rohani dan pendidikan jasmaniyah, KH hasyim Asy‟ari Menekankan kepada pelajar agar memberikan penghormatan tinggi terhadap guru dan relevansinya untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dwi Septi Lutfianur |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 07:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 08:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6898 |
Actions (login required)
View Item |