Husna, Al – Della (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Di MA Al Manar Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135618_prabab.pdf Download (847kB) |
|
Text
932135618_bab1.pdf Download (676kB) |
|
Text
932135618_bab2.pdf Download (660kB) |
|
Text
932135618_bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
|
Text
932135618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text
932135618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text
932135618_bab6.pdf Download (202kB) |
|
Text
932135618_daftar_pustaka.pdf Download (427kB) |
|
Text
932135618_suratpernyataan.pdf Download (847kB) |
Abstract
AL – DELLA HUSNA,Dosen Pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I dan H.Imam Masrur, M.Th.I.: Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Di Ma Al Manar Prambon Nganjuk Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Metode, Penerapan,Karakter Religius Dalam pendidikan karakter anak didik memang sengaja dibangun karakternya agar mempunyai nilai-nilai kebaikan sekaligus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, Begitupun di MA Al Manar mempraktikkan pendidikan karakter religius. Adapun Fokus Penelitian ini yaitu 1) Bagaima metode pendidikan karakter dalam meningkatkan religiusitas siswa di MA Al Manar 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan religiusitas siswa di MA Al Manar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu dekriptif dengan mengambil lokasi di MA Al Manar. Menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder,Untuk pengecekan data penulis menggunakan dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan pengamatan, dan triangulasi Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh hasil penelitian bahwa: Metode yang digunakan guru dalam mendidik karakter religiusitas siswa MA Al Manar Prambon, Nganjuk a) Metode Teladan yang diberikan yaitu guru segera menuju musholla untuk mengondisikan siswa untuk segera ke musholla untuk membaca surat yasin. b) Metode perhatian memberikan reward kepada para peserta didik yang mengikuti kegiatan tahfidz yang mampu menghafalkan Al Qur’an. c) Metode Nasihat dengan tutur kata agar siswa yang tidak mengikuti membaca Al Qur’an mau mengikuti kegiataan membaca Al Qur’an,selain itu menasehati ketika kegiataan sholat dhuha berjamaah ada beberapa siswa yang sering tidak mengikuti sholat dhuha beralasan sedang berhalangan dalam hal ini para guru tidak bisa memastikan apakah siswi tersebut berbohong atau tidak, hal yang dapat dilakukan guru MA Al Manar dengan mengingatkan dan memberi nasehat yang baik . d) Metode pembiasaan setiap hari kamis untuk siswa kelas 12 ada kegiatan istigosah bersama yang dilakukan di musholla sekolah. Penerapan pendidikan karakter untuk meningkatkan religiusitas siswa a) Kedisiplian seperti menetapkan waktu bel masuk b) Sopan santun para siswa mematikan mesin kendaraan bermotor.c) Kegiatan keagamaaan keagamaaan kegiatan belajar mengajar kitab Ta’lim mutaklim, Sulam Taufik, Bulughul Marom, Aswaja dan ada kegiatan PHBI dan praktek sholat jenazah. d) Pendidikan karakter religiusitas dengan kegiatan ekstrakurikuler tahfid,kaligrafi,qiro’at,tahsin,benjari, dan Seni baca Al Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Al- Della Husna |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 06:29 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6891 |
Actions (login required)
View Item |