Perkembangan Pendidikan Islam Ditengah Tradisi Masyarakat Dusun Bobang Desa Bobang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri

Amalia, Wulan Mustika (2022) Perkembangan Pendidikan Islam Ditengah Tradisi Masyarakat Dusun Bobang Desa Bobang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119118_prabab.pdf

Download (996kB)
[img] Text
932119118_bab1.pdf

Download (835kB)
[img] Text
932119118_bab2.pdf

Download (686kB)
[img] Text
932119118_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
932119118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
932119118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
932119118_bab6.pdf

Download (393kB)
[img] Text
932119118_daftarpustaka.pdf

Download (569kB)
[img] Text
932119118_suratpernyataan.pdf

Download (130kB)

Abstract

Pendidikan Islam diyakini lebih unggul daripada pendidikan lain. Dasar keyakinan itu adalah pendidikan Islam memiliki sumber dari Al-Quran dan Hadits, dari sumber tersebut mampu dijadikan sebagai landasan bermasyarakat. Pendidikan Islam juga diandalkan untuk mengatasi masalah sosial yang ada dalam masyarakat sebagai tindakan pengawasan dan antisipasi terhadap tradisi yang kurang baik. Tradisi dalam masyarakat yang sebelumnya telah ada dalam hal ini tentu dapat beriringan dengan perkembangan Pendidikan Agama Islam, dan ada pula yang mulai ditinggalkan oleh mayoritas umat muslim jika tidak sesuai dengan ajaran syari’at Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana pendidikan keagamaan masyarakat dusun Bobang? 2.) Bagaimana perkembangan Pendidikan Islam ditengah tradisi masyarakat dusun Bobang? 3.) Apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan Pendidikan Islam di tengah tradisi masyarakat di dusun Bobang, Bobang Desa Bobang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri?, Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1.) Mengungkapkan hal terkait pendidikan keagamaan yang terdapat pada masyarakat dusun Bobang; 2.) Menjelaskan terkait perkembangan Pendidikan Islam ditengah tradisi masyarakat dusun Bobang; 3.) Mengungkapkan beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan pendidikan Islam ditengah tradisi masyarakat di dusun Bobang, Desa Bobang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, abstraksi fenomena, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1.) Keagamaan yang terdapat dalam masyarakat dusun Bobang seluruhnya adalah beragama Islam, akan tetapi memiliki perbedaan organisasi Islam yang diikuti yakni terdapat pengikut dari Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah dan Wahidiyyah, 2) Perkembangan Pendidikan Islam di dusun Bobang sudah ada sejak lama, dibuktikan dengan adanya masjid pertama di dusun Bobang serta munculnya TPQ yang sebelumnya tidak ada menjadi ada, dalam perkembangan pendidikan Islam nonformal dan informal cenderung lebih unggul dari yang formal. Adapun tradisi masyarakat dusun Bobang yang sejalan dengan Pendidikan Islam adalah Suroan, Muludan, Rejepan, Peringatan 15 Sya’ban, Rebo Wekasan,dan Megengan. 3) Adapun faktor yang mempengaruhi perkembangan Pendidikan Islam didusun Bobang yakni a) tujuan pendidikan Islam, b) tokoh agama dan mu’alim (pendidik) c) minat warga dan peserta didik, d) fasilitas pendidikan, e) lingkungan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WUlan Mustika Amalia
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:53
Last Modified: 18 Nov 2022 06:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6853

Actions (login required)

View Item View Item