Problematika Penilaian Autentik (Authentic Assessment) Pada Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Di MA Ma’arif Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2015/2016

Fadlika, Fina (2018) Problematika Penilaian Autentik (Authentic Assessment) Pada Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Di MA Ma’arif Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105112-prabab.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932105112-bab1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932105112-bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932105112-bab3.pdf

Download (397kB)
[img] Text
932105112-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932105112-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
932105112-bab6.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal diantaranya yakni: 1) Bagaimana implementasi penilaian autentik (authentic assessment) kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar. 2) Apa saja problematika penilaian autentik (authentic assessment) pada implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar. 3) Apa saja solusi dari problematika penilaian autentik (authentic assessment) pada implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Ma’arif Udanawu Blitar Penelitaian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang bertempat di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting dan diperlukan secara optimal, ia merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data, analisis, penafsiran data dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1) implementasi penilaian autentik (authentic assessment) kurikulum 2013 pada mata pelajaran SKI kelas XI meliputi 4 aspek penilaian, yakni: (a) penilaian KI 1 berhubungan dengan agama dan budi pekerti dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, (b) penilaian KI 2 berkaitan dengan sosial dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, (c) penilaian KI 3 berhubungan dengan kognitif dilakukan dengan menggunakan pilihan ganda, tugas tidak terstruktur dan uraian panjang, (d) penilaian KI 4 yang berhubungan dengan ketrampilan (psikomotor) menggunakan diskusi kelompok. 2) Problematika Penilaian Autentik (Authentic Assessment) Pada Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI yakni: (a) Buku-buku yang masih terbatas (b) Implementasi kurikulum 2013 masih pada mata pelajaran agama saja (c) Waktu yang diperlukan dalam pembelajaran lebih banyak (d)penilaian KI 1 dan KI 2 yang harus dikembangkan. 3) solusi problematika tersebut yakni: (a) Mengadakan Workshop/pelatihan kurikulum 2013 (b) Menggunakan penilaian rapot sistem KTSP (c) Men-setting RPP sedemikian rupa .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:28
Last Modified: 16 Sep 2019 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item