Nurita, Nurita (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Siswa Tunagrahita Di Sekolah Inklusi SD Negeri Betet 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125118_prabab.pdf Download (952kB) |
|
Text
932125118_bab1.pdf Download (307kB) |
|
Text
932125118_bab3.pdf Download (221kB) |
|
Text
932125118_bab2.pdf Download (392kB) |
|
Text
932125118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932125118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
932125118_bab6.pdf Download (275kB) |
|
Text
932125118_daftarpustaka.pdf Download (191kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran PAI siswa tunagrahita tidak begitu mampu untuk berinteraksi dengan guru maupun teman-temannya, dikarenakan anak tunagrahita dalam segi sosial tidak dapat mengurus diri, memelihara dan memimpin diri sendiri ditambah lagi baru saja diterapkannya pembelajaran tatap muka yang sebelumnya menerapkan pembelajaran daring. Sehingga diperlukannya strategi guru PAI dalam mengembangkan interaksi sosial siswa tunagrahita agar materi bisa tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI untuk mengembangkan interaksi sosial dan untuk mengetahui hasil penerapan strategi guru PAI dalam mengembangkan interaksi sosial siswa tunagrahita kelas V di sekolah inklusi SD Negeri betet 1 Kota Kediri. Jenis penelitian ini mengguanakan penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian lapangan, pengambilan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Temuan penelitian : 1). Strategi guru PAI dalam mengembangkan interaksi sosial siswa tunagrahita sedang di SD Negeri Betet 1 Kota Kediri yaitu : mengubah cara mengajar dengan posisi duduk later U, menyederhanakan jumlah materi yang akan diajarkan, pendampingan pada siswa tunagrahitang sedang saat pembelajaran PAI, menerapkan strategi tanya jawab, mengajarkan bagaimana cara mengulang dan mengingat materi yang telah diterima, memotivasi siswa untuk menghindari kegagalan, memberikan penghargaan kepada siswa dan membentuk kesadaran diri. 2). Hasil penerapan strategi guru PAI dalam mengembangkan interaksi sosial siswa tunagrahita sedang yaitu : siswa dapat mengikuti proses pembelajaran PAI dengan baik dan siswa mampu berinteraksi sosial dengan guru dan temannya di lingkungan sekolah inklusi dengan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurita Nurita |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 07:14 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 07:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6655 |
Actions (login required)
View Item |