Firdaus, Muhammad Reza (2022) Peran Strategi Marketing Harga Dan Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Produk Rahn Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di KSPPS BMT PETA Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931408118_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931408118_bab1.pdf Download (262kB) |
|
Text
931408118_bab2.pdf Download (270kB) |
|
Text
931408118_bab3.pdf Download (177kB) |
|
Text
931408118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
Text
931408118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
Text
931408118_bab6.pdf Download (87kB) |
|
Text
931408118_daftarpustaka.pdf Download (151kB) |
|
Text
931408118_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
931408118_suratpernyataan.pdf Download (350kB) |
Abstract
Melakukan pemasaran produk-produk perbankan merupakan suatu kegiatan paling penting untuk meningkatkan income bagi lembaga tersebut. Semakin banyak jumlah nasabah maka akan semain besar pula income yang akan didapatkan yang tentunya dapat mempengaruhi jumlah laba. Munculnya pandemi Covid-19 membuat segala perekonomian menurun, dengan menurunnya perekonomian masyarakat maka akan menurun pula kondisi perekonomian di Indonesia. Maka dari itu adanya pandemi Covid-19 perlu strategi yang dapat menghadapi situasi dan kondisi yang tidak terduga tersebut. Meskipun sedang terjadi pandemi Covid-19 KSPPS BMT PETA Kediri mengalami kenaikan jumlah anggota produk Rahn. Adanya kenaikan tersebut karena strategi dari marketing harga dan promosi yang diterapkan oleh KSPPS BMT PETA Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dari marketing harga dan promosi yang dilakukan KSPPS BMT PETA Kediri dan untuk mengetahui peran strategi dari marketing harga dan promosi KSPPS BMT PETA Kediri dalam meningkatkan Jumlah Anggota Rahn Dimasa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penalitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini ada 2 yakni, menggunakan data primer dan data Sekunder. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara karyawan dan anggota KSPPS BMT PETA Kediri serta dari dokumen KSPPS BMT PETA Kediri. Teknik pengumpulan data dipenelitian ini yakni dengan tiga cara yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing harga yang digunakan KSPPS BMT PETA Kediri pada masa pandemi yakni dengan menetapkan harga biaya pemeliharaan 1,6% yang bisa di nego hingga 1,5% serta menyesuaikan kemampuan anggota atau calon anggota, kemudian pada promosi KSPPS BMT PETA Kediri melakukan berbagai macam promisi yang diantaranya mendatangi anggota yang potensial, publisitas, menyebarkan brosur, memasang spanduk, public relation, personal selling, serta promosi penjualan. peran strategi marketing harga dan promosi yang dilakukan mampu meningkatkan jumlah anggota rahn dimasa pandemi covid-19 sebanyak 116 orang pada tahun 2020 dan 136 orang pada tahun 2021 yang sebelumnya terdapat 106 orang pada tahun 2019 sebelum terjadi pandemi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muhammad Reza Firdaus |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 07:26 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 07:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6581 |
Actions (login required)
View Item |