Ma'rufi, Amirotul (2018) Analisis standarisasi pelayanan produk jasa pengiriman barang dalam perspektif manajemen syariah (Studi kasus PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931303814-prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931303814-bab1.pdf Download (196kB) |
|
Text
931303814-bab2.pdf Download (565kB) |
|
Text
931303814-bab3.pdf Download (106kB) |
|
Text
931303814-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
931303814-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
931303814-bab6.pdf Download (88kB) |
|
Text
931303814-DP.pdf Download (160kB) |
|
Text
931303814-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Standar Pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Pelayanan ditentukan oleh manajemennya, manajemen yang baik akan menjadikan pelayanan menjadi baik, terlebih sesuai dengan syariat agama Islam, sehingga manajemennya menjadi manajemen syariah. Manajemen syariah adalah perilaku yang terkait dengan nilai-nilai keimanan dan ketauhidan. Dalam mengelola suatu bisnis, tidak lepas dari sifat-sifat Nabi Muhammad Saw. yaitu: shiddiq, istiqamah, amanah, fathanah, dan tabligh agar mendapat celupan nilai-nilai moral yang tinggi. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis standarisasi pelayanan produk jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri?, (2) Bagaimana analisis standarisasi pelayanan produk jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri dalam perspektif manajemen syariah? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan untuk memenuhi keabsahan data, maka peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pelayanan yang diberikan oleh pihak Kantor Pos kota Kediri kepada konsumen dari segi dimensi pelayanan yaitu reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung sudah cukup baik namun masih ada beberapa yang belum terlaksana dengan baik yaitu masalah keterlambatan, tidak adanya ganti rugi karena masalah barang yang tidak sampai dengan tepat waktu, dan tidak adanya kejelasan terkait alasan barang bisa mengalami keterlambatan. 2) PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri masih belum sepenuhnya menerapkan sifat-sifat Nabi Muhammad Saw. dalam mengelola bisnis yaitu dalam sifat shiddiq karyawan tidak jujur memberikan informasi apabila ada kekurangan dalam jenis layanan dan barang sering mengalami keterlambatan serta tidak sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan. Dalam sifat Amanah yaitu barang sampai dan diterima oleh penerimanya sesuai dengan alamat penerima, tetapi terkadang juga mengalami masalah keterlambatan waktu sampainya barang. Selain itu, yang belum terlaksana secara optimal yaitu meskipun barang sampai kepada penerima dengan kondisi yang baik, tetapi ada juga konsumen yang komplain barang yang diterimanya dalam kondisi rusak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 03:46 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 03:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/655 |
Actions (login required)
View Item |