Sari, Lolita (2021) Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Sunan Gunung Jati Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
9321.155.17_PRA BAB.pdf Download (442kB) |
|
Text
9321.155.17_BAB I.pdf Download (322kB) |
|
Text
9321.155.17_BAB II.pdf Download (333kB) |
|
Text
9321.155.17_BAB III.pdf Download (348kB) |
|
Text
9321.155.17_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
9321.155.17_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
9321.155.17_BAB VI.pdf Download (244kB) |
|
Text
9321.155.17_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
Abstract
Sari, Lolita, 2021. Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Sunan Gunung Jati Gurah. Provinsi Jawa Timur, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN Kediri), Pembimbing (1) Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd dan (2) Zakiyatus Shoimah, M.HI. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak. Peran kreativitas seorang guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam dunia pendidikan. Kreativitas berperan dalam mencapai hasil belajar. sedangkan posisi guru dalam proses pendidikan berada pada garis terdepan dalam menjamin suksesnya proses pembelajaran yang berkualitas. Keberadaan guru dan kesiapan guru menjalankan tugas sebagai pendidik sangat menentukan terselenggaranya suatu proses pendidikan. Fokus penelitian: 1) Bagaimana Kreativitas guru Aqidah Akhlak dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Sunan Gunung Jati? 2) Bagaimana Kreativitas guru Aqidah Akhlak dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Sunan Gunung Jati? 3) Bagaimana Kreativitas guru Aqidah Akhlak dalam menggunakan sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Sunan Gunung Jati? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian, selanjutnya menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan tahap penelitian dalam skripsi ini yaitu: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kreativitas guru menggunakan metode yang bervariasi dan tepat dalam pembelajaran. Variasi metode mengajar yang digunakan antara lain: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, 2) Kreativitas guru menggunakan media yaitu guru kreatif dalam menggunakan media yang beragam sesuai dengan materi pelajaran. Media yang digunakan yaitu media audio, media visual dan media audio visual, 3) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar yaitu guru memanfaatkan sumber belajar yang tersedia di ruang kelas maupun luar ruangan. Sumber belajar yang digunakan antara lain : buku LKS, buku perpustakaan, Al-Quran dan internet
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | embargo embargo |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:03 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6489 |
Actions (login required)
View Item |