Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital (Studi Kasus Di SMA Negeri 6 Kediri

Ulum, M. Bahrul (2022) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital (Studi Kasus Di SMA Negeri 6 Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101418015_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101418015_bab1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
92101418015_bab2.pdf

Download (340kB)
[img] Text
92101418015_bab3.pdf

Download (267kB)
[img] Text
92101418015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
92101418015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
92101418015_bab6.pdf

Download (163kB)
[img] Text
92101418015_daftar_pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
92101418015_suratpernyataan.pdf

Download (335kB)

Abstract

ABSTRAK M. BAHRUL ULUM, Dosen pembimbing Dr. Muhammad Yasin, S.Ag, M.Pd dan Dr. Hj. Munifah, M.Pd.: Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital Studi Kasus Di SMA Negeri 6 Kota Kediri, Pendidikan agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: problematika pendidikan, pendidikan agama Islam era digital. Pendidikan agama Islam menyajikan dan menyumbangkan materi keilmuannya harus dikemas dengan perangkat teknologi. Kompentensi dan keterampilan guru harus mengikuti pemanfaatan teknologi. Karena sikap manusia dipengaruhi oleh era digital termasuk dunia pendidikan. Fokus penelitian 1) Bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri?, 2) Apa problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri? 3) Bagaimana solusi pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri?. Tujuan penelitian 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri. 2) Untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri. 3) Untuk mendeskripsikan solusi dari problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri. Dalam melakukan penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data di peroleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, pengecekan teman sejawat dan kecukupan referensi. Hasil penelitian sebagai berikut 1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri dilaksanakan secara daring(dalam jaringan) sejak pandemi, memanfaatkan media pembelajaran, sumber belajarnya tidak hanya dari buku dan internet. 2) pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal meliputi Motivasi belajar yang rendah; Konsentrasi belajar rendah; tidak diperoleh keteladanan langsung dari guru; kontrol keaslian tugas rendah. Sedangkan faktor eksternal antara lain lingkungan kurang mendukung; rendah dalam kontrol perilaku siswa. dan 3) Solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital di SMA Negeri 6 Kediri meliputi adanya program bantuan kuota dari sekolah untuk warga sekolah; Diadakan Kerja sama antara guru PAI dengan wali kelas dan BK dengan cara menyerahkan anak yang bermasalah dan tidak bisa dikondisikan kepada wali kelas untuk di tangani secara intens; menawarkan fasilitas komputer sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Bahrul Ulum
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:51
Last Modified: 06 Oct 2022 06:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6471

Actions (login required)

View Item View Item