Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Peserta Didik Di SMKN 2 Kota Kediri

Jenitri, Putri (2022) Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Peserta Didik Di SMKN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932412318_prabab.pdf

Download (816kB)
[img] Text
932412318_bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932412318_bab2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932412318_bab3.pdf

Download (164kB)
[img] Text
932412318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
932412318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
932412318_bab6.pdf

Download (12kB)
[img] Text
932412318_daftarpustaka.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932412318_suratpernyataan.pdf

Download (345kB)

Abstract

Peran kepala sekolah dalam manajemen peserta didik merupakan upaya kepala sekolah dalam mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berjalan aman, tertib, dan damai sehingga dapat memberikan kontribusi bagi tujuan sekolah yang sudah ditetapkan dan tujuan pendidikan secara keseluruhan dan tepat sasaran. Pada fokus penelitian ini diharapkan dapat mengetahui : 1). Perencanaan, 2). Pengorganisasian, 3). Pembinaan, 4). Evaluasi Manajemen Peserta Didik di SMKN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus adalah suatu langkah atau metode untuk memahami objek individu atau kelompok yang dilakukan secara integratif dan komprehensif agar memperoleh pemahaman yang mendalam tentang individu atau kelompok tersebut. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan memuat gambaran yang sistematis dan faktual serta analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Perencanaan manajemen peserta didik terdiri atas proses rekrutmen, seleksi, dan orientasi, 2). Pengorganisasian manajemen peserta didik terdiri atas pengelompokkan kelas peserta didik sesuai program keahlian. 3). Pembinaan manajemen peserta didik berkaitan dengan bimbingan akademik dan non akademik, bina prestasi, bina kedisiplinan, 4). Evaluasi manajemen berkaitan dengan proses evaluasi ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ujian sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Jenitri
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:44
Last Modified: 19 Jan 2023 08:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6447

Actions (login required)

View Item View Item