Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas 5 Di MI Miftahul Huda Kedungombo Nganjuk

Dewi, Lutfi Nur Kumala (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas 5 Di MI Miftahul Huda Kedungombo Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932603718_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932603718_bab1.pdf

Download (727kB)
[img] Text
932603718_bab2.pdf

Download (666kB)
[img] Text
932603718_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
932603718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932603718_bab5.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932603718_daftarpustaka.pdf

Download (412kB)
[img] Text
932603718_suratpernyataan.pdf

Download (338kB)

Abstract

Redahnya penggunaan media dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya pemahaman konsep materi pada peserta didik. tersebut berdasarkan penilaian ahli media dan materi ahli materi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Four D Model). Model ini dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melyn I Semmel (1974). Model pengembangan ini menggunakan 4 tahap yang terdiri dari: tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (develop) dan penyebaran (Disseminate). Hasil dari penelitian dan pengembangan multimedia interaktif ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif yang mempunyai kriteria kelayakan Sangat Baik (SB) menurut penilaian ahli media dan ahli materi, dengan hasil persentase kelayakan sebesar 92,09% dan 92,95%. Adapun hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata peningkatan sebesar 0,64 dengan kriteria peningkatan “sedang” dan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata peningkatakan sebesar 0,74 dengan kriteria peningkatan “tinggi” .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lutfi Nur Kumala Dewi
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:58
Last Modified: 06 Oct 2022 07:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6440

Actions (login required)

View Item View Item