Ibrahim, M. Imam (2014) Penyesuaian Diri Santri Ditinjau dari Minat Untuk Belajar di Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
prabab.pdf Download (828kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
Abstract
Ketika santri memasuki pondok pesantren mereka juga harus melakukan penyesuaian diri, tidak terkecuali santri Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri. Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri banyak santri yang mondok bukan karena keinginan sendiri ataupun butuh terhadap ilmu agama. Melainkan ada beberapa faktor pendorong yang menyebabkan mereka mondok di Al-Amien Kota Kediri, yakni paksaan orangtua. Sehingga terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penyesuaian diri santri Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri?, 2) Bagaimana minat belajar santri Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri?, 3) Bagaimana penyesuaian diri santri ditinjau dari minat belajar di Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek atau informan dari penelitian ini adalah sebanyak 5 santri putra yang menempuh jenjang pendidikan formal (MAN) dari jumlah keseluruhan 35 santri. Pemilihan subjek atau informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sampling bertujuan), yaitu informan yang dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri santri ditinjau dari minat untuk belajar di Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri mennjukkan bahwasanya dari 7 aspek penyesuaian diri, terdapat 2 aspek penyesuaian diri santri secara normal (positif), yakni aspek mekanisme psikologis; aspek sikap realistik dan objektif. Kemudian pada 4 aspek lainnya, penysuaian diri santri cenderung tidak normal (negatif), yakni aspek emosionalitas; aspek frustasi personal; aspek kemapuan belajar; aspek pemanfaatan pengalaman dan masa lalu. Selain itu juga terdapat 1 aspek yang memiliki penysuaian diri seimbang antara positif dan negatif. Dengan demikian dapat dilihat bahwa penyesuaian diri santri ditinjau dari minat belajar di Pondok Al-Amien Kota Kediri cenderung negatif (tidak normal).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 02:29 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 02:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6381 |
Actions (login required)
View Item |