Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ajaib Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Bangun Datar Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin 02 Blitar

Nufidah, Zulva (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ajaib Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Bangun Datar Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin 02 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932611518_Prabab.pdf

Download (829kB)
[img] Text
932611518_bab1.pdf

Download (393kB)
[img] Text
932611518_bab2.pdf

Download (475kB)
[img] Text
932611518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
932611518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
932611518_bab5.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932611518_daftar_pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Zulva Nufidah, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ajaib Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Materi Bangun Datar Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Mutaqin 02 Blitar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing 1 Dewi Agus Triani M.Pd.I dan desen pembimbing 2 Ratna Wahyu Wulandari, M. Pd Kata kunci: Media Pembelajaran, Kotak Ajaib, Bangun Datar,Hasil Belajar Penelitian dan pengembangan media pembelajaran matematika Kotak Ajaib di MI Sabilul Muttaqin 02 Blitar dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran yang diterapkan serta pendidik yang kurang memiliki ketrampilan dalam membuat media pembelajaran selain itu dari hasil wawancara dengan wali kelas yang mengatakan bahwa peserta didik, dalam mata pelajaran matematika untuk hasil belajar masih kurang atau masih rendah. Untuk itu diperlukan inovasi baru dalam penggunaan media dan diharapkan media kotak ajaib bisa menjadi solusi dari rendahnya hasil belajar matemtika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media serta keefektafan dalam penggunaan media pembelajaran kotak ajaib pada materi bangun datar. Peneletian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R& D) model Borg and Gall yang di modifikasi oleh Sugiyono dengan sepuluh tahapan. Namun peneliti melakukan penyederhanaan karena keterbatas` an waktu dan biaya. Delapan tahapan tersebut meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakain. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan pemberian tes pre- test post-test dan. Angket di tujukan kepada dua validator media dan dua valiator materi serta subyek uji coba sejumlah 16 peserta didik kelas IV di MI Sabilul Muttaqin 02 Blitar Hasil validasi oleh dua validator media terhadap media pembelajaran kotak ajaib memperoleh skor presentase sebesar 93,5 % masuk kedalam kriteria “sangat layak” dan hasil validasi oleh dua validator materi terhadap media pembelajaran kotak ajaib memperoleh skor presentase sebesar 96,3 % masuk kedalam kriteria “ sangat layak” Kemudian hasil keefektifan media kotak ajaib diperoleh dari ketuntasan peserta didik dalam pre-test dan post tes diperoleh nilai rata- rata pre- test 54,4 dan niali Post-tes 80,6 yang disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kemudian di peroleh nilai N- gain 0,56 kategori sedang dengan presentase skor 56% dengan kategori ‘cukup efektif” dengan dengan demikian media pembelajaran matematika kotak ajaib sangat efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika manteri bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulva Nufidah
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:44
Last Modified: 01 Dec 2022 06:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item View Item