Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Mts Manba'ul Afkar Desa Sendang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri

Islam, Sukmo Aji Nur (2022) Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Mts Manba'ul Afkar Desa Sendang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113815_prabab.pdf

Download (865kB)
[img] Text
932113815_bab1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932113815_bab2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932113815_bab3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932113815_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
932113815_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
932113815_bab6.pdf

Download (76kB)
[img] Text
932113815_daftar_pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932113815_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932113815_suratpernyataan.pdf

Download (111kB)

Abstract

SUKMO AJI NUR ISLAM, Dosen Pembimbing Saifullah,M, Ag dan M.Alim Khoiri, S.H.I,M.Sy.: Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Manba’ul Afkar Desa Sendang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Peran Guru, Pembinaan Akhlak Siswa Pendidikan merupakan proses perubahan sikap, perilaku, dan nalar seseorang dalam mendewasakan diri melalui upaya dan pengajan. melalui proses pendidikan manusia dapat tumbuh dan berkembang secara wajar dan sempurna, sehingga ia dapat melaksanakan tugas sebagai manusia serta memelihara sekelilingnya secara baik dan bermanfaat Diera globalisasi yang semakin canggih pada akhir-akhir ini banyak sekali berbagai tantangan dan ancaman untuk generasi muda dari segi moral, sikap, dan pengetahuan. Dalam pendidikan di MTs Manba’ul Afkar senantiasa meningkat kan peran guru dalam membina akhlak. Dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana peran guru dalam membina akhlak peserta didik di MTs Manba’ul Afkar Sendang, 2) Upaya guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Manba’ul Afkar Sendang, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina Akhlak peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data berupa tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Informan terdiri dari guru akidah akhlak, guru bahasa arab, kepala sekolah, ketua yayasan MTs Manba’ul Afkar Sendang, dan 2 orang peserta didik. Penelitian dilaksanakan sejak bulan Agustus 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam membina akhlak peserta didik dapat dilihat dari 7 peran; Educator, Motivator, Informator, Konselor, Pembimbing, Demonstrator, Fasilitator. 2) upaya guru dalam membina peserta didik, yang kegiatan pembiasaan dan latihan, keteladanan, pemberian nasehat dan motivasi, pemberian sanksi dan penghargaan, membangun kerjasama anatara orang tua, sekolah dan masyarakat. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak peserta didik, dari faktor pendukung yaitu, tekad dan semangat guru sinergi antara kebijakan madsrasah dengan presepsi yayasan penyelenggara pendidikan. Kemudian faktor penghambatnya, lingkungan keluarga, media massa, lingkungan pergaulan, dan sarana prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sukmo Aji Nur Islam
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:20
Last Modified: 20 Sep 2022 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6253

Actions (login required)

View Item View Item