Husna, M. Nafi' Sifa'ul (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Pada Siswa Kelas 1 SDN Burengan 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109618_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932109618_bab1.pdf Download (570kB) |
|
Text
932109618_bab2.pdf Download (815kB) |
|
Text
932109618_bab3.pdf Download (326kB) |
|
Text
932109618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
|
Text
932109618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
Text
932109618_bab6.pdf Download (115kB) |
|
Text
932109618_daftarpustaka.pdf Download (234kB) |
|
Text
932109618_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932109618_suratpernyataan.pdf Download (347kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu sekolah dasar tingkat umum negeri yaitu SDN Burengan 2 Kediri yang memiliki siswa dengan kemampuan membaca al-Qur’an baik meskipun dengan jam pelajaran yang sangat sedikit. Oleh karena itu peneliti tertarik mengupas bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kota Kediri. Sehingga penelitian memiliki rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri, 2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri, 3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri, 4) Apa faktor penunjang keberhasilan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Agar penelitian berjalan dengan baik maka proses analisa data dilakukan menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, display data dan verivikasi data atau penyimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data berupa ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri dengan bekerjasama dengan guru al-Qur’an PP. Sunan Ampel, mengadakan rapat, dan menyusun RPP, 2) Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri dengan melakukan kegiatan awal, inti dan penutup, 3) Evaluasi pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 kediri dengan melalui pre-test, evaluasi harian, dan evaluasi kenaikan jilid, 4) Faktor penunjang keberhasilan pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri yaitu dengan adanya adanya pendekatan klasikal dan individual, hafalan surat-surat pendek, pemberian motivasi, bekerjasama dengan orang tua siswa dan TPQ daerah setempat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Nafi' Sifa'ul Husna |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 04:42 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 04:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6249 |
Actions (login required)
View Item |