Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Religiusitas Siswa (Studi Kasus di SDIT Al-Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri)

Dhimas Adhiya Putratama, Dhimas (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Religiusitas Siswa (Studi Kasus di SDIT Al-Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133118_prabab.pdf

Download (518kB)
[img] Text
932133118_bab1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
932133118_bab2.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932133118_bab3.pdf

Download (37kB)
[img] Text
932133118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
932133118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
932133118_bab6.pdf

Download (75kB)
[img] Text
932133118_daftar_pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932133118_suratpernyataan.pdf

Download (314kB)

Abstract

DHIMAS ADHIYA PUTRATAMA, 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Religiusitas Siswa (Studi Kasus di SDIT Al-Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. Kadi, M.Pd.I, (2) Agus Dwi Santosa, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Pembinaan Religiusitas, Siswa. Pembinaan religiusitas pada siswa akhir-akhir ini sudah mulai diterapkan oleh beberapa lembaga pendidikan, karena mulai banyak siswa yang tepengaruh oleh media sosial serta kurangnya pengawasan dari orang tua mengenai penanaman religiusitas di lingkungan keluarga. Maka dari itu sangatlah penting bagi sekolah untuk melaksanakan pembinaan religiusitas untuk menanggulangi perilaku negatif pada siswa. Berdasarkan gambaran tersebut, fokus penelitian yang dikaji yakni : 1)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan religiusitas siswa di SDIT Al-Arif?, 2) Bagaimana pengaruh pembinaan religiusitas terhadap siswa SDIT Al-Arif?, 3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pembinaan religiusitas siswa di SDIT Al-Arif?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan perwakilan wali kelas (4A). Analisa data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta tahap akhirnya adalah pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri dalam pembinaan religiusitas siswa adalah sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, pemberi teladan, pendorong kesadaran iman, pendorong penggunaan akal pikiran, motivator, sumber belajar, fasilitator, dan pengelola. Guru Pendidikan Agama Islam juga menerapkan kegiatan-kegiatan pembiasaan seperti musafahah, shalat Dhuha berjamaah, Tahfidz, berdoa bersama, praktik ibadah, shalat Dzuhur berjamaah, istighotsah, dan Jum’at Amal. 2. Pengaruh pembinaan religiusitas siswa di SDIT Al-Arif meliputi 5 aspek, yakni: 1) aspek iman, dengan pemahaman terhadap 6 rukun iman, keseriusan beribadah dan bertingkah laku, 2) aspek Islam, dengan peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah, 3) aspek ihsan, dengan pembiasaan berdoa bersama dan kegiatan istighotsah, 4) aspek ilmu, dengan pemahaman akidah, syariat, dan akhlak melalui mapel PAI, dan 5) aspek amal, dengan menerapkan sopan santun dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari. 3. Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan religiusitas siswa adalah kerja sama antar guru, dukungan wali murid, dan fasilitas sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang memadainya fasilitas mushola dan latar belakang siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhimas Adhiya Putratama
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:47
Last Modified: 15 Sep 2022 06:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item View Item