Purwaningsih, Mega Ayu (2022) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125815_prabab.pdf Download (820kB) |
|
Text
932125815_bab1.pdf Download (449kB) |
|
Text
932125815_bab2.pdf Download (586kB) |
|
Text
932125815_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text
932125815_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text
932125815_bab5.pdf Download (450kB) |
|
Text
932125815_bab6.pdf Download (0B) |
|
Text
932125815_daftar_pustaka.pdf Download (0B) |
|
Text
932125815_suratpernyataan.pdf Download (186kB) |
Abstract
Pada saat ini dunia sedang dalam keadaan berduka, hal tersebut dikarenakan adanya pandemi yang disebabkan oleh virus covid-19. Hal tersebut berdampak pada semua elemen, mulai dari kesehatan, ekonomi, sosial, dan pendidikan. Dengan adanya keadaan tersebut mengharuskan beberapa pihak untuk beradaptasi agar kegiatan mereka tetap berlangsung, dalam hal ini peneliti ingin mengadakan penelitian pada elemen pendidikan dengan meneliti pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dengan judul Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Ngadiluwih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Ngadiluwih dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Ngadiluwih Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMAN 1 Ngadiluwih. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi model pembelajaran daring yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam jenis aplikasi seperti whatsapp, google form, google meet dan kine master untuk membuat video pembelajaran. Guru membuat video pembelajaran dan mengirimkannya melalui aplikasi whatsapp agar siswa dapat membuka kembali materi pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut dan mempelajarinya ulang. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan yaitu sesuai dengan anjuran pemerintah, dan evaluasi yang dilakukan oleh guru tidak hanya melalui aplikasi google meet dan google form saja. Evaluasi yang diberikan juga dapat berbentuk lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. Kedua, adapun faktor pendukung dalam pembelajaran daring tersebut yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru disekolah sebagai sarana untuk memberikan materi pembelajaran daring kepada siswa, dan sekolah juga memfasilitasi siswa dengan memberikan kuota gratis setiap bulannya. Ketiga, faktor penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu dikarenakan orang tua siswa yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak dapat mendampingi anaknya dalam proses pembelajaran daring, minimnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring yang berdampak pada minimnya pemahaman siswa akan materi yang diberikan oleh guru kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mega Ayu Purwaningsih |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:09 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 04:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6195 |
Actions (login required)
View Item |