Hadi, Nadya Berliana (2022) Upaya Ustadz Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Al-Aly Desa Bangsal Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932114718_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932114718_bab1.pdf Download (340kB) |
|
Text
932114718_bab2.pdf Download (416kB) |
|
Text
932114718_bab3.pdf Download (162kB) |
|
Text
932114718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
932114718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text
932114718_bab6.pdf Download (186kB) |
|
Text
932114718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW. secara berangsur-angsur (mutawatir) sebagai salah satu rahmat dan petunjuk bagi umat manusia. Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yakni sesuai dengan makharijul huruf, kaidah tajwid, gharib, dan secara tartil merupakan sebuah keharusan bagi orang yang membaca Al-Qur’an. Pendidikan al-Qur’an merupakan pendidikan yang paling utama dan paling penting karena landasan atau pedoman agama Islam adalah al-Qur’an. Seperti yang kita ketahui pada umumnya bahwa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) merupakan sebuah lembaga pendidikan yang secara khusus untuk para santri-santri yang ingin mendalami dan mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, selain itu santri- santri juga akan mendapat pembelajaran yang berkaitan dengan moral dan penanaman akhlakul karimah. Oleh karena itu, dalam peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an, santri haruslah dibimbing dengan baik dan benar. Mengingat betapa pentingnya Al-Qur’an bagi kehidupan manusia, maka sangat diperlukan pendidikan Al-Qur’an bagi Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Adapun fokus penelitian yang dibahas adalah: (1) Bagaimana usaha ustadz dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Aly desa Bangsal Mojokerto? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat ustadz dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Aly desa Bangsal Mojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) Usaha yang dilakukan oleh ustadz untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri antara lain: a. Membiasakan membaca huruf hijaiyah dengan fasih sebelum pembelajaran dimulai, b. Mengulang-ulang bacaan yang sudah diajarkan oleh ustadz. (2) Faktor pendukungnya yaitu: Kualitas serta kesiapan seorang ustadz sebelum memulai pembelajaran, Sarana prasarana yang menunjang keberhasilan usaha ustadz dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri TPQ. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu: tidak maksimalnya suara santri pada saat mengaji, kurangnya semangat santri dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadya Berliana Hadi |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 02:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6126 |
Actions (login required)
View Item |