Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Madrasah Di MTs Ma'arif Bakung Udanawu Blitar

Sriwulandari, Catur (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Madrasah Di MTs Ma'arif Bakung Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120018_PRABAB.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932120018_BAB1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
932120018_BAB2.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932120018_BAB3.pdf

Download (136kB)
[img] Text
932120018_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
932120018_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
932120018_BAB6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932120018_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

SRIWULANDARI, CATUR, 2022. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Madrasah di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Dosen Pembimbing (2), Dr. H. Ilham Thohari, M.H.I. dan Dosen Pembimbing (2), Mohammad Asy’ari, M.H.I. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Budaya Madrasah. Pada era globalisasi ini, dunia pendidikan dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti kemerosotan moral peserta didik. Untuk itu, dibutuhkan pendidikan karakter untuk mendorong peserta didik supaya tumbuh dan berkembang dengan kapasitas berfikir serta berpegang teguh terhadap prinsip-prinsip budi pekerti. Salah satu strategi pendidikan karakter adalah melalui budaya madrasah. Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter melalui budaya madrasah di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi serta member cek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter dengan strategi budaya madrasah sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari keteraturan keseharian di madrasah. 2) Faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yaitu lingkungan yang kurang kondusif, keterbatasan waktu, serta banyaknya jumlah siswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Komunikasi yang optimal dan searah menjadi salah satu faktor pendukung serta solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Catur Sriwulandari
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:37
Last Modified: 09 Sep 2022 06:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item