Azizah, Irma Nur (2022) Pengembangan Alat Peraga Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas V MI Thoriqul Huda Juwet. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932610618_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932610618_bab1.pdf Download (531kB) |
|
Text
932610618_bab2.pdf Download (368kB) |
|
Text
932610618_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text
932610618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text
932610618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
932610618_daftarpustaka.pdf Download (333kB) |
|
Text
932610618_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Irma Nur Azizah. 2022. Pengembangan Alat Peraga Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas V MI Thoriqul Huda Juwet. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Pembimbing (1) Dewi Agus Triani, M.Pd.I dan Pembimbing (2) Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Alat Peraga, Hasil Belajar Siswa, Sistem Tata Surya Penelitian ini membahas tentang penelitian pengembangan alat peraga surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya kelas V MI Thoriqul Huda Juwet. Yang dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam sehingga pembelajaran ilmu pengetahuan alam menjadi kurang maksimal terutama pada materi sistem tata surya kelas V MI Thoriqul Huda Juwet. Banyak siswa yang merasa kesulitan untuk memahami materi sistem tata suya sehingga mengakibatkan hasil belajarnya menurun. Oleh karena itu dengan adanya alat peraga sistem tata surya untuk pembelajaran ilmu pengetahuan alam ini menjadi lebih mudah di pelajari dan dimengerti sehingga pembelajaran ilmu pengetahuan alam yang terkhusus pada materi sistem tata surya bisa menjadi lebih maksimal yang akibatnya hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya menjadi meningkat. Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya kelas V MI Thoriqul Huda Juwet memiliki tujuan : 1) Untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Alat Peraga Surya pada Materi Sistem Tata Surya Kelas V MI Thoriqul Hua Juwet, 2) Untuk mengetahui bagaimana Kelayakan Penggunaan Alat Peraga Surya pada Materi Sistem Tata Surya Kelas V MI Thoriqul Hua Juwet, 3) Untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Surya pada Materi Sistem Tata Surya Kelas V MI Thoriqul Hua Juwet. Untuk mencapai hal tersebut, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (RnD) menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengembangan alat peraga surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya ini memiliki acuan pada model Borg and Gall yakni dengan menggunakan sepiluh langkah pengembangan. Subjek dala penelitian ini adalah siswa kelas V MI Thoriqul Huda Juwet sebanyak 24 siswa sebagai kelas pretest sebelum menggunakan alat peraga surya dan sebagai kelas post tes setelah menggunakan alat peraga surya. Instrument pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda atau uji T. Hasil uji beda membuktikan bahwa alat peraga surya yang dibuat layak untuk digunakan sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran sistem tata surya dengan respon siswa sebesar 84,69% dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tatta surya kelas V dengan T-hitung adalah 6,036 dan P adalah 0,000. Alat peraga surya ini dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem tata surya kelas V karena dalam uji coba kelompok besar dengan jumlah 24 siswa telah berhasil meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Irma Nur Azizah |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:13 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6055 |
Actions (login required)
View Item |