Khoirunni’mah, Eni (2013) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadist Kelas Xl IPS2 MAN Krecek Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112609-prabab.pdf Download (105kB) |
|
Text
932112609-bab1.pdf Download (58kB) |
|
Text
932112609-bab2.pdf Download (106kB) |
|
Text
932112609-bab3.pdf Download (55kB) |
|
Text
932112609-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text
932112609-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
Text
932112609-bab6.pdf Download (29kB) |
|
Text
932112609-dafpus.pdf Download (27kB) |
Abstract
Orang tua adalah seseorang yang berperan penting dan sangat berpengaruh di dunia pendidikan untuk mengajarkan kepada anak tata cara yang baik dalam hal bergaul dan beribadah terutama sholalat dan belajar membaca Al-Qur’an dan mengetahui Al-Hadist. Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MAN Krecek Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa kelas XI IPS2 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah nilai raport siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah asosiatif dan korelasi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa bidang Studi Al-Qur’an Hadist di MAN Krecek Pare Kediri. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan orang tua siswa kelas Xl MAN Krecek Pare Kediri? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas Xl MAN Krecek Pare Kediri dalam Bidang Studi Al-Qur’an Hadist? 3) sejauh mana pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi siswa kelas Xl di MAN Krecek Pare Kediri? Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh suatu kesimpulan sebagai berikut : (1) bahwa tingkat pendidikan orang tua di MAN Krecek Pare Kab. Kediri mayoritas berpendidikan dasar mencapai 71,05% dari 38 siswa yang dijadikan obyek penelitian. (2) dari hasil penelitian ternyata prestasi belajar siswa di MAN Krecek Pare Kab. Kediri tergolong baik. (3) bahwa tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MAN Krecek Pare Kab. Kediri mempunyai pengaruh yang sangat rendah. Dari hasil nilai raport yang kami peroleh ternyata memperoleh score yang kemudian menunjukkan hasil yang signifikan sebesar (0,065) dengan demikian maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan penulis diterima, sebaliknya hipotesis kerjanya (Ha) ditolak yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS2 bidang studi Al-Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Negeri Krecek Pare Kab. Kediri tahun ajaran 2012 – 2013.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 01:19 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 01:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |