Abdulloh, Achmad Sayid (2022) Upaya Ustadz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma Santri di TPQ Riyaadlul Jannah Desa Jombang Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136018_Prabab.pdf Download (828kB) |
|
Text
932136018_Bab1.pdf Download (546kB) |
|
Text
932136018_Bab2.pdf Download (551kB) |
|
Text
932136018_Bab3.pdf Download (436kB) |
|
Text
932136018_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
932136018_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text
932136018_Bab6.pdf Download (310kB) |
|
Text
932136018_DaftarPustaka.pdf Download (284kB) |
|
Text
932136018_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (361kB) |
Abstract
Ustadz merupakan seseorang yang berperan untuk membimbing santri dalam baca tulis Al-Qur’an maupun dalam hal menghafakannya. Dalam hal ini upaya ustadz yang dilakukan tidaklah mudah, mereka mendidik anak usia dini yang mana belum mengetahui cara baca dan menulis Al-Qur’an apalagi harus menghafalkan surah didalam Al-Qur’an. Sehingga perlu suatu upaya dalam proses pembelajarannya agar dapat mencapai tujuan.TPQ Riyaadlul Jannah menjadikan hafalan juz ‘amma sebagai syarat lulus, sehingga santri yang hendak lulus dari lembaga ini megharuskan mereka untuk hafal juz ‘amma. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya ustadz dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma santri serta apa saja hambatan yang dihadapi dalam upaya tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman yang melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang dilakukan agar data yang diperoleh ini valid adalah menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa upaya ustadz dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz ‘amma santri yaitu memberikan semangat dan motivasi, memberikan contoh bacaan surah, menyimak hafalan santri, serta menuntut santri untuk melakukan muroja’ah. Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh ustadz adalah anak masih senang bermain, santri sakit, serta faktor lingkungan keluarga santri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Achmad Sayid Abdulloh |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:04 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6041 |
Actions (login required)
View Item |