Hafizhoh, Hafizhoh (2022) "Problematika Guru Akhidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaman Pada Siswa Di Kelas-VII Mts Hasan Muchyi Kapurejo-Pagu-Kediri ". Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932101918_prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
932101918_bab1.pdf Download (3MB) |
|
Text
932101918_bab2.pdf Download (3MB) |
|
Text
932101918_bab3.pdf Download (3MB) |
|
Text
932101918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932101918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932101918_bab6.pdf Download (3MB) |
|
Text
932101918_daftarpustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
932101918_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932101918_suratpernyataan.pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK HAFIZHOH, Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Taufiq, S.Ag. M.Si, dan Ibu Nila Lukmatus Syahidah, M.Pd.I, Problematika Guru Akhidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Di Kelas-VII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Hasan Muchyi Kapurejo-PaguKediri. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Problematika Guru Akidah Akhlak, Nilai-nilai Keagamaan Tugas guru tidak hanya perilahal mengajar saja namun juga berperan dalam membentuk kepribadian siswa melalui penanaman nilai-nilai kegamaan. Dalam menananamkan nilai-nilai kegamaan pada siswa tidaklah mudah bagi guru pasti ada problematika yang muncul. Penelitian ini bertujuan:(1)Menjelaskan penanaman nilai-nilai keagamaan yang dilakukan guru akhidah akhlak terhadap siswa kelas VII- MTs Nadhlatul Ulama Hasan Muchyi,(2)Menjelaskan akhlak siswa kelas VII MTs Hasan Muchyi,(3)Menjelaskan problematika yang dihadapi guru akhidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai kegamaan terhadap siswa kelasVII-MTs Hasan Muchyi,dan (4)Menjelaskan solusi guru akhidah akhlak dalam mengatasi problem penanaman nilai-nilai agama terhadap siswa kelas VII MTs Hasan Muchyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualiatatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penananaman nilai-nilai keagamaan oleh guru akhidah akhlak pada siswa kelas VII: a) Nilai akhidah memberikan materi ke NUan aswaja, pembelajaran kitab akhidatul awam ,berdoa sebelum memulai dan sesudah pembelajaran .b) Nilai akhlak pintu masuk gerbang harus menuntun kendaraan, berpakaian rapi dan sopan sesuai syariat Islam, salim sungkem dengan menggunakan kedua tangan. Syafari syawal , Pembentukan Tim Uswah. c) Nilai- syariah membaca Al-Quran, Sholat dhuha,Sholat dhuhur, pondok ramadhan, istighosah, membagikan zakat.(2) Akhlak Siswa kelas VII ketika ertemu guru selalu bersalaman sungkem, berjalan menunduk ,saling sapa sanyum,patuh terhadap guru,selalu berbahasa sopan, disiplin.(3) Problematika yang dihadapi guru : Kurangnya motivasi belajar siswa terutama kelas VII-D terhadap pembelajaran kitab aqidatul awam, terdapat siswa yang berkata tidak sopan (misoh), penyalahgunaan media informasi dengan membawa handphone ke sekolah, Kurangnya kedisiplin siswa seperti merokok secara diam-diam, tidak memakai sepatu diluar kelas, membolos mengaji, terlambat datang kesekolah,siswa tidak membawa mukenah, ramai (guyon) ketika melaksanakan sholat berjama‟ah.(4)Solusi guru akhidah akhlak: memberikan bimbingan, pengarahan pada siswa.Guru mengadakan pertemuan dengan walimurid, Guru memberikan hukuman dan melakukan pengawasan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hafizhoh Hafizhoh |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:42 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 07:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6014 |
Actions (login required)
View Item |