Implementasi Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di MI Miftahus Shibyan Putih Gampengrejo Kediri

Robi'ul Awaliyah, Bintan (2022) Implementasi Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di MI Miftahus Shibyan Putih Gampengrejo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102718_prabab.pdf

Download (639kB)
[img] Text
932102718_bab1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932102718_bab2.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932102718_bab3.pdf

Download (531kB)
[img] Text
932102718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
932102718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
932102718_bab6.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932102718_daftarpustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932102718_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
932102718_suratpernyataan.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK AWALIYAH, BINTAN ROBI’UL, 2022. Implementasi Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di MI Miftahus Shibyan Putih Gampengrejo Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Drs.H. MOH. ROIS, M.A, dan (2) Mohammad Asy’ari, M.H.I. Kata Kunci: Penggunaan whatsapp, Media pembelajaran. Pada masa pandemi, guru dituntut untuk dapat memahami cara pembelajaran yang efektif, efisien, dan mempertimbangkan sisi pemahaman siswa. Penggunaan teknologi sendiri juga perlu dipertimbangkan antara guru dengan siswa untuk memudahkan hubungan timbal balik pada proses penerimaan materi pelajaran. Dengan demikian baik sekolah maupun guru harus mencari solusi untuk melakukan proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan teknologi terkini, maka dipilihlah whatsapp sebagai media belajarnya. Maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk: (1) untuk menjelaskan pembelajaran menggunakan whatsapp pada masa pandemi mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VI di Mi Miftahus Shibyan Putih Gampengrejo Kediri, (2) untuk menjelaskan kekurangan dan kelebihan yang dihasilkan dari pembelajaran menggunakan whatsapp pada masa pandemi pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VI di Mi Miftahus Shibyan Putih Gampengrejo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini sudah sesuai dengan fokus penelitian yaitu (1) pembelajaran menggunakan whatsapp pada mata pelajaran akidah akhlak dengan cara guru memberikan tugas dengan video pembelajaran atau tugas yang ada di lks dan evaluasinya dilakukan langsung di kelas dan (2) kekurangan dalam pembelajaran ini yaitu: a) kurangnya pengawasan orang tua, b) sarana dan prasarana yang kurang memadai, c) faktor dalam diri peserta didik yaitu rasa malas untuk belajar. Dan kelebihannya yaitu: a) waktu pembelajaran jadi lebih fleksibel, b) anak dan orang tua menjadi lebih dekat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bintang Robi'ul Awaliyah
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:09
Last Modified: 07 Sep 2022 07:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item