Ellis, Nur Aini (2022) Pengembangan Modul Digital Geguritan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Mihfarul Ulum Plemahan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609918_pra bab.pdf Download (334kB) |
|
Text
932609918_bab 1.pdf Download (160kB) |
|
Text
932609918_bab 2.pdf Download (287kB) |
|
Text
932609918_bab 3.pdf Download (200kB) |
|
Text
932609918_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932609918_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
932609918_bab 6.pdf Download (130kB) |
|
Text
932609918_daftar pustaka.pdf Download (227kB) |
|
Text
932609918_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932609918_suratpernyataan.pdf Download (373kB) |
Abstract
ABSTRAK Ellis Nur Aini, NIM. 932609918, Dosen pembimbing Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. dan Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I. Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Digital Geguritan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Mihfarul Ulum Plemahan Kediri” Kata kunci: Modul Digital, Hasil Belajar, Materi Bahasa Jawa Peneilitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru dalam membuat media, kurangnya kefahaman siswa tentang materi geguritan, sehingga membuat nilai siswa berada di bawah KKM. Hal ini penting dan dibutuhkan penelitan untuk mengembangkan modul digital geguritan guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Mengembangkan modul digital geguritan Bahasa Jawa dan mengetahui efektivitas pengembangan modul digital geguritan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Mihfarul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dan menggunakan jenis Rnd model ADDIE yang terdiri dari langkah-langkah: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan modul digital menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: a) Analysis (melakukan pra – riset terhadap materi yang dianggap sulit yakni materi Geguritan Bahasa Jawa), b) Design (Membuat rancangan atau blueprint yang berkaitan dengan urutan pegembangan, dan evaluasi produk yang akan dihasilkan), c) Development (Proses mewujudkan blueprint dengan divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Presentase kelayakan ahli materi pada modul digital sejumlah 93% kategori sangat valid tidak perlu direvisi, pada ahli media sejumlah 97% persen kategori sangat valid tidak perlu direvisi, d) Implementation (Penilaian pada siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa dengan membagikan angket. Presentase kelayakan mendapatkan 87% kategori sangat valid, tidak perlu direvisi, dan Evaluation (Mengukur media pembelajaran untuk melihat keefektifan produk); dan 2) Efektivitas pembelajaran modul digital dibuktikan dengan memberikan pretest dan posttest menggunakan uji Gain (g). Pada analisis uji Gain (g) Skor tertinggi dari soal pretest adalah 85, skor terendah 25 dan. Sedangkan skor tertinggi soal posttest adalah 100, skor terendah 61 Sehingga adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi geguritan Bahasa Jawa sebelum menerapkan modul digital geguritan dengan rata-rata nilai mendapatkan 56,25 dan sesudah penerapan rata-rata mendapatkan nilai 78,25 dan mendapatkan respon positif dari guru maupun siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ellis Nur Aini |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:59 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 07:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6003 |
Actions (login required)
View Item |