Aliyah, Nur Janatul (2022) Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee Pada Produk Fashion: Studi Kasus Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931308916_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931308916_bab1.pdf Download (587kB) |
|
Text
931308916_bab2.pdf Download (590kB) |
|
Text
931308916_bab3.pdf Download (470kB) |
|
Text
931308916_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
Text
931308916_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
Text
931308916_bab6.pdf Download (204kB) |
|
Text
931308916_daftarpustaka.pdf Download (506kB) |
Abstract
NUR JANATUL ALIYAH, Dosen Pembimbing Dr. Andriani, SE.,MM dan Adin Fadilah, M. Esy. Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee Pada Produk Fashion (Studi Kasus Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber Kediri), Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: kepercayaan, loyalitas pelanggan. Kepercayaan adalah suatu gagasan deskriptif yang dianut oleh seseorang tentang sesuatu. Menurut Zickmund, loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kepercayaan. Kepercayaan adalah kemauan seseorang untuk peka terhadap tindakan orang lain berdasarkan pada harapan bahwa orang lain akan melakukan tindakan tertentu pada orang yang mempercayainya, tanpa tergantung pada kemampuannya untuk mengawasi dan mengendalikannya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kepercayaan produk fashion marketplace Shopee di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber Kediri. 2) untuk mengetahui loyalitas pelanggan produk fashion marketplace Shopee di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber Kediri. 3) untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan produk fashion marketplace Shopee di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian produk fashion marketplace Shopee di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling dengan kriteria konsumen yang melakukan minimal 2 kali pebelian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 107 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: variabel kepercayaan (X) dan variabel loyalitas pelanggan (Y) produk fashion marketplace Shopee di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber masing-masing dalam kategori kuat. Korelasi antara kepercayaan dengan loyalitas pelanggan sebesar 0,604. Dari hasil uji regresi sederhana didapatkan hasil Y = 10,977 + 0,858X, artinya apabila kepercayaan naik satu satuan maka tingkat loyalitas pelanggan akan naik sebesar 0,858. Berdasarkan uji t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel kepercayaan (X) terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y). Koefisien determinasi atau R2 (R Square) sebesar 0,365. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepercayaan dengan loyalitas pelanggan produk fashion marketplace Shopee di Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Cyber dengan nilai kepercayaan sebesar 36,5%, sedangkan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu: kepuasan, ikatan emosi, kemudahan, pengalaman dengan perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Janatul Aliyah |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:39 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 07:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6002 |
Actions (login required)
View Item |