Zahro, Anisa (2022) Pengembangan Buku Saku Tematik Tema 7 Subtema 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932612718_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932612718_bab1.pdf Download (239kB) |
|
Text
932612718_bab2.pdf Download (280kB) |
|
Text
932612718_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text
932612718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932612718_bab5.pdf Download (137kB) |
|
Text
932612718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932612718_daftarpustaka.pdf Download (196kB) |
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, dengan begitu seringkali membuat peserta didik merasa kebingungan untuk memahami materi yang disebabkan kurangnya penjelasan materi dan tidak terfokuskan materi pada satu bidang ilmu. Berdasarkan penelitian awal di MIN 3 Kediri terdapat permasalahan bahwasannya proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai dengan standar proses pendidikan, akan tetapi terdapat beberapa peserta didik kelas IV yang masih kesulitan dalam memahami materi yang terdapat dalam buku tematik Tema 7 Subtema 1 dikarenakan belum adanya bahan ajar pendukung ketika mengajarkan materi tematik.Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku saku tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mengidentifikasi keefektifan buku saku tematik yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Jenis penelitian ini adalah Research and Development(R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang diadaptasi menjadi 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku tematik layak digunakan dengan persentase kelayakan oleh ahli desain sebesar 97% ,kelayakan oleh ahli materi sebesar 99% , kelayakan oleh ahli soal sebesar 97% dan respon hasil peserta didik sebesar 91% . Keefektifan buku saku tematik dilihat dari analisis data pre-test dan post-test dengan membandingkan nilai rata-rata yang diperoleh. Data nilai pre�test sebelum pembelajaran menggunakan buku saku tematik menunjukkan hasil rata-rata 56,83. Sedangkan, nilai post-test setelah pembelajaran menggunakan buku saku tematik menunjukkan hasil rata-rata 87,5. Kemudian dilanjutkan dengan uji t�test atau pengujian perbedaan rata-rata, berdasarkan signifikansi apabila nilai sig > 0,05 maka Ho diterima dan nilai sig < 0,05 maka Ho ditolak. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Setelah dibandingkan, sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan buku saku tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anisa Zahro |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:03 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 07:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6000 |
Actions (login required)
View Item |