Hanum, Ifa Mursidah (2022) Upaya Penggunaan Media Komik Untuk Meningkakan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Di SD Islam Al Huda Kota Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932611918_prabab.pdf Download (4MB) |
|
Text
932611918_bab1.pdf Download (379kB) |
|
Text
931611918_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
Text
931611918_bab3.pdf Download (658kB) |
|
Text
931611918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
|
Text
931611918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
Text
931611918_bab6.pdf Download (159kB) |
|
Text
931611918_daftar_pustaka.pdf Download (270kB) |
|
Text
932611918_suratpernyataan.pdf Download (324kB) |
Abstract
pendidikan di Sekolah Dasar bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar calistung (baca tulis hitung), pengetahuan dan ketrampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa yang sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan yang lebih tinggi. Terkait dengan tujuan memberikan bekal kemampuan dasar “baca tulis” maka peranan pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar menjadi sangat penting. Maka dari itu peneliti menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media komik yang bertujuan agar pembeljaran Bahasa Indonesia dapat membantu siswa belajar dalam suasana yang menyenangkan. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan prasiklus, siklus I dan siklus II dalam proses penelitian pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil Prestasi dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang mencermati dan menjelaskan watak tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi dengan menggunakan media komik. Dengan memperoleh data penelitian menggunakan metode yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi penggunaan media komik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, motivasi belajar siswa dan keaktifan siswa di dalam kelas juga meningkat. Hal ini juga terjadi berdasarkan nilai rata-rata siswa dari tes yang dilakukan di setiap akhir siklus. Hasil porsentase nilai prasiklus 42,85%, Siklus I 75,00%, dan siklus II 95,00% dengan kategori sangat baik, hasil rata-rata motivasi belajar pada siklus I 85,42, dan siklus II 89,00. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan media komik sangat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ifa Mursidah Hanum |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5959 |
Actions (login required)
View Item |