Amaliyah, Ananda Riska (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas IV-B MI Al-Hikmah Ketami Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609018_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932609018_bab1.pdf Download (388kB) |
|
Text
932609018_bab2.pdf Download (581kB) |
|
Text
932609018_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
|
Text
932609018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932609018_bab5.pdf Download (386kB) |
|
Text
932609018_daftarpustaka.pdf Download (409kB) |
Abstract
Ananda Riska Amaliyah, 2022. Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas IV-B MI Al-Hikmah Ketami Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing (1) Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan (2) Choiru Umatin, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video, Minat Belajar Media pembelajaran adalah suatu alat atau sumber belajar yang digunakan seorang pendidik dalam membantu menyampaikan pesan kepada peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti mengembangan media pembelajaran berupa video. Media video merupakan salah satu jenis media audio visual yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak dengan suara yang sesuai dengan objek tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas atau walikelas IV-B MI Al-Hikmah bahwa minat belajar peserta didik kelas IV-B tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran, peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan oleh pendidik dan pendidik belum menggunakan media pembelajaran. Tujuan peneliti mengembangkan media video pembelajaran ini yaitu: 1) Mengembangkan media video pembelajaran yang dibuat oleh peneliti 2) menguji kelayakan produk berupa media video pembelajaran yang dibuat peneliti 3) mengidentifikasi minat belajar peserta didik terhadap media video pembelajaran yang dibuat peneliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Lee and Owens yang terdiri dari: Assessment and Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B MI Al-Hikmah Ketami Kota Kediri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data tersebut di analisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran memenuhi kriteria cukup valid dengan hasil kelayakan oleh uji ahli materi diperoleh skor sebesar 77,5%, ahli media diperoleh skor sebesar 75%, kelayakan produk pedidik diperoleh skor sebesar 94%, uji coba perorangan diperoleh skor sebesar 92,5%, dan uji coba kelompok kecil diperoleh skor 92,75%. Uji coba kelompok besar dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu sebelum menggunakan media dengan diperoleh skor sebesar 55,56% dengan kriteria kurang valid dan sesudah menggunakan media dengan diperoleh skor sebesar 87,5% dengan kriteria valid. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media video pembelajaran minat belajar peserta didik meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan sebesar 31,94%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ananda Riska Amaliyah |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 04:38 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 04:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5933 |
Actions (login required)
View Item |