Pengaruh Pengajaran Remedial dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Ngoro

Zuria, Rina Aminatuz (2013) Pengaruh Pengajaran Remedial dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Ngoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
942407010-prabab.pdf

Download (77kB)
[img] Text
94240709-bab1.pdf

Download (64kB)
[img] Text
94240709-bab2.pdf

Download (150kB)
[img] Text
94240709-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
94240709-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
94240709-bab5.pdf

Download (66kB)
[img] Text
942407010-dafpus.pdf

Download (30kB)

Abstract

Pengajaran remedial diartikan sebagai model atau program yang dilakukan oleh guru untuk membuat lebih baik dengan cara memberi pengajaran ulang kepada siswa yang nilainya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Pengajaran remedial ini bertujuan untuk memahamkan siswa kembali tentang materi yang sulit untuk dipahami agar pemahaman siswa mampu seimbang dengan teman yang lain, rata-rata semua siswa pasti pernah mengalami ketidaktuntasan belajar, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pengajaran remedial. motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang yang menyebabkan ia melakukan sesuatu tindakan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak ada motivasi berarti tidak terjadi proses belajar. Prestasi belajar adalah hasil yang yang dicapai oleh siswa selama proses pembelajaran berlangsung berupa nilai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengajaran remedial, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di SMPN 2 Ngoro serta untuk mengetahui pengaruh antara pengajaran remedial, motivasi belajar dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Ngoro berjumlah 297 siswa. Sampel yang diambil berjumlah 165 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, analisis regresi linear digunakan untuk analisis dengan satu variabel X, sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk analisis dengan dua variabel X (pengaruh pengajaran remedial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 2 Ngoro). Hasil dari penelitian yaitu 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengajaran remedial (X1) dengan prestasi belajar (variabel Y) sebesar adalah 0,058, jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar 3%. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi sederhana pengaruh pengajaran remedial terhadap prestasi siswa adalah Y = 78.696 + 0.009. X1. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,311 jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar 9,7%. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi sederhana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah Y = 74.602 + 0,041. X2. 3) Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengajaran remedial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,311, jika dibuat dalam bentuk persen adalah sebesar sebesar 9,7%. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi ganda pengaruh antara pengajaran remedial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah Y = 74.878+ 0,003X1 + 0,042. X2

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:34
Last Modified: 20 Aug 2019 04:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item