Sodik, Aries (2013) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di MAN Purwoasri Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117109-prabab.pdf Download (70kB) |
|
Text
932117109-bab1.pdf Download (44kB) |
|
Text
932117109-bab2.pdf Download (100kB) |
|
Text
932117109-bab3.pdf Download (95kB) |
|
Text
932117109-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Text
932117109-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
Text
932117109-bab6.pdf Download (31kB) |
|
Text
932117109-dafpus.pdf Download (29kB) |
Abstract
Kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Oleh karena itu, kepala sekolah bertanggung jawab mengelola lembaga pendidikan termasuk dalam pembinaan terhadap guru. Karena guru merupakan elemen penting dalam pencapaian tujuan pendidikan, guru dituntut memiliki kompetensi, keterampilan dan prilaku yang profesional dalam melaksanakan tugasnya. untuk itu guru sebagai tenaga profesi harus mendapatkan pembinaan yang intensif dari Kepala Sekolah. Berdasarkan permasalahan diatas, maka fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: a) Upaya kepala sekolah dalam meningkaktkan kompetensi pedagogik guru di MAN Purwoasri, b) Upaya kepala sekolah dalam meningkaktkan kompetensi profesional guru di MAN Purwoasri, c) Faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalitas Guru di MAN Purwoasri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, adapun metode penelitian secara rinci terdiri dari kehadiran peneliti ke lokasi penelitian, pengambilan sumber data, analisis data dan pengecekan keabsahan data. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data penulis menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan trianggulasi. Dari penelitian yang penulis lakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi di peroleh kesimpulan bahwa: a) Dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, kepala sekolah memberi wewenang serta pengarahan agar mengembangkan strategi, metode, teknik pembelajaran dalam proses belajar mengajar terkait dengan mata pelajaran yang diajarkan sesuai dengan cara mereka masing-masing. Sedangkan dalam menyelengarakan pembelajaran, kepala sekolah memberi pengarahan kepada guru untuk menyesuaikan materi dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Kepala sekolah menberi keteladanan serta menghimbau kepada guru untuk menerapkan komunikasi secara efektif, empatik dan santun. Dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi hasil belajar. Kepala Sekolah memberi wewenang kepada semua guru bidang studi masing-masing dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi. b) Dalam meningkatan kompetensi Profesional Kepala Sekolah mendelegasikan guru mata pelajaran untuk mengikuti diklat guna memperkaya wawasan keilmuan. c) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan profesionalitas guru, yakni tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap, mengadakan pembinaan pada hari senin serta menempatkan guru sesuai dengan bidangnya masing-masing.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:28 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/591 |
Actions (login required)
View Item |