Mujiati, Mujiati (2013) Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsN Termas Baron Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113909-prabab.pdf Download (86kB) |
|
Text
932113909-bab1.pdf Download (61kB) |
|
Text
932113909-bab2.pdf Download (160kB) |
|
Text
932113909-bab3.pdf Download (113kB) |
|
Text
932113909-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text
932113909-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Text
932113909-bab6.pdf Download (29kB) |
|
Text
932113909-dafpus.pdf Download (31kB) |
Abstract
Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif atau perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Gaya belajar visual adalah siswa lebih banyak mengandalkan kemampuan penglihatannya. Baginya melihat merupakan cara yang tepat agar informasi yang ada dapat lebih cepat dan sempurna diterima dan dipahami. Tipe gaya belajar ini mengakses citra visual yang diciptakan diingat seperti warna, hubungan, ruang, dan gambar . Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari 1. Bagaimana motivasi belajar di MTsN Termas? 2. Bagaimana Gaya Belajar siswa di MTsN Termas? 3. Bagaimana Pestasi Belajar siswa di MTsN Termas? 4. Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap Prestasi belajar di MTsN Termas? 5. Adakah Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Termas? 6. Adakah Pengaruh antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Termas? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 300 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah 160 siswa, instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, analisis regresi sederhana digunakan untuk analisis dengan satu variabel X, sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk analisis dengan dua variabel X. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu motivasi belajar masuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 149.67. gaya belajar masuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 129.26. prestasi belajar masuk kategori baik dengan nilai rata-rata 86.28. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 58,6%. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi sederhana pengaruh Motivasi belajar terhadap prestasi adalah Y = 54,971 + 0,210. X1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa sebesar 22.6%. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi sederhana pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar adalah Y = 63.825+ 185. X2. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa sebesar 72,0%. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi ganda pengaruh antara motivasi belajar dan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa adalah Y = 48.470 + 0,210. X1 + 185. X2
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:06 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/589 |
Actions (login required)
View Item |