Farika, Ihda Haiyin (2021) STRATEGI BENCHMARKING DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN LAYANAN DI LEMBAGA ISLAM (STUDI KASUS DI SD PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI). Masters (S2) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
IHDA HAIYIN FARIKA-92400819009.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam rangka mewujudkan layanan pendidikan yang baik dan memuasakan steakholders, suatu lembaga pendidikan harus memiliki strategi jitu dalam meningkatkan kinerja guru maupun seluruh sumber daya manusia (SDM) yang ada di lembaganya, salah satu strategi yang dapat diambil adalah strategi benchmarking. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui perencanaan strategi benchmarking dalam meningkatkan kinerja dan layanan di SD Plus Rahmat Kota Kediri, 2). Mengetahui implementasi benchmarking dalam meningkatkan kinerja dan layanan di SD Plus Rahmat Kota Kediri, dan 3). Mengetahui dampak implementasi strategi benchmarking dalam meningkatkan kinerja dan layanan di lembaga pendidikan Islam studi kasus di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden penelitian terdiri dari 1 kepala sekolah, 6 guru coordinator jenjang, 2 guru coordinator bidang, 5 orang tua dan 5 siswa. Analisa data menggunakan konsep Milles dan Huberman yaitu interactive model yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan 3 teknik pemeriksaan yaitu triangulasi sumber, triangulasi tehnik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1). perencanaan strategi benchmarking meliputi 6 hal yaitu, menentukan target; menentukan posisi dan keadaan lembaga; mengidentifikasi dukungan dan hambatan, menyusun rencana anggaran biaya, penelitian terhadap kelas terbaik ikelasnya; memilih calon lembaga mitra dan; pembentukan tim benchmarking. 2). Implementasi strategi benchmarking di SD Plus Rahmat meliputi 9 langkah, yaitu komitmen manajemen; mencapai kesepakatan dengan lembaga mitra; pengumpulan data; analisa data dan penentuan gep; perencanaan tindakan mengurangi gep; implementasi perubahan dengan konsep Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM); pemantauan; evaluasi dan memperbaharui benchmarking. 3). Dampak implementasi strtategi benchmarking di SD Plus Rahmat adalah dengan adanya peningkatan kualitas kinerja guru dan karyawan; meningkatnya prestasi lembaga; peningkatan sarana dan prasarana; meningkatkan kepercayaan masyarakat pada lembaga dan; peningkatan jumlah siswa setiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ihda Haiyin Farika |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:57 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |