Implementasi Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Grogol)

Muhyiddin, Ahmad (2022) Implementasi Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Grogol). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134215_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932134215_bab1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932134215_bab2.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932134215_bab3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932134215_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
932134215_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
932134215_bab6.pdf

Download (74kB)
[img] Text
932134215_daftar_pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

AHMAD MUHYIDDIN. Dosen Pembimbing Drs. Imam Taulabi, M.Pd.I dan Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I, Implementasi Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Grogol, Pendidikan Agama Islam, TARBIYAH, IAIN Kediri, 2022 Kata Kunci:, Ekstrakurikuler, Potensi Peserta didik Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan untuk menjadi wadah dan sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dalam diri mereka. Agar energi dan semangat yang mereka miliki tersalurkan kearah yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) proses perencanaan ekstrakurikuler, 2) proses pelaksanaan ekstrakurikuler, 3) evaluasi kestrakurikuler, dan 4) hasil ekstrakurikuler dalam pengembangan potensi peserta didik di SMA Negeri 1 Grogol. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan dan verifikasi kesimpulan. Pengecekan keabsahan data berdasarkan empat kriteria yaitu, drajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan peserta didik di SMA Negeri 1 Grogol adalah, 1) perencanaan meliputi evaluasi dan perncanaan setahun kedepan, penentuan sasaran, dan penentuan sumberdaya yang dibutuhkan, 2) pelaksanaan, kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati, 3) pengawasan meliputi penentuan standar prestasi kerja, dan pengukuran hasil kerja melalui jurnal dan materi yang telah disampaikan. 4) hasil implementasi ekstrakurikuler adalah terciptanya pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan, berkembangnya kemampuan dan potensi peserta didik, mengasah jiwa kompetitif peserta didik, meraih prestasi non-akademik, membekali peserta didik untuk menghadapi tantangan dimasa depan. Hal ini terlihat dari beberapa prestasi yang telah dicapai oleh para peserta didik SMA Negeri 1 Grogol.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Muhyiddin
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:31
Last Modified: 06 Sep 2022 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item