Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas IV Di UPT SD NEGERI 238 GRESIK

Sukmawardany, Eva (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas IV Di UPT SD NEGERI 238 GRESIK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117718_prabab.pdf

Download (705kB)
[img] Text
932117718_bab1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932117718_bab2.pdf

Download (601kB)
[img] Text
932117718_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
932117718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
932117718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
932117718_bab6.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932117718_daftarpustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

EVA SUKMAWARDANY, Dosen pembimbing Dr. Wahidul Anam, M.Ag. dan Dewi Agus Triani, M.Pd.I. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas IV Di UPT SD Negeri 238 Gresik, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Kecerdasan spiritual penting dimiliki oleh para siswa, sebab perkembangan jaman yang sangat pesat menuntut setiap siswa untuk dapat membedakan baik dan buruk serta sikap yang harus diambil dalam menyelesaikan setiap persoalan di masa mendatang. Sekolah memiliki peranan yang penting untuk melukis intelektualitas serta spiritualitas dari seorang anak. Spiritualitas seorang siswa dapat terbentuk secara baik dengan cara membaca Al-Qur'an, sebab Al-Qur'an tidak hanya mengajarkan tata cara beribadah kepada Allah tetapi juga tata cara beradab dengan sesama makhluk hidup. Setiap guru memiliki upaya yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an setiap siswa, di mana upaya tersebut sangat diperlukan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas IV di UPT SD Negeri 238 Gresik, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas IV di UPT SD Negeri 238 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik tes. Observasi dilakukan kepada subjek penelitian yakni Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas IV UPT SD Negeri 238 Gresik. Sedangkan teknik tes dilakukan kepada siswa kelas kelas IV UPT SD Negeri 238 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Upaya yang dilakukan di UPT SD Negeri 238 Gresik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an adalah melakukan pembiasaan membaca Al-Qur'an atau surat�surat pendek sebelum memulai pembelajaran, menggunakan metode demonstrasi, memberikan penugasan kepada siswa, membacakan kisah�kisah Nabi dan Rasul Allah, memberikan penekanan terkait manfaat dari membaca Al-Qur'an, pemberian reward untuk siswa yang berprestasi, dan pemberian fasilitas penunjang. 2) Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas IV di UPT SD Negeri 238 Gresik adalah adanya minat dan dukungan dari orangtua. Selain itu, UPT SD Negeri 238 Gresik juga memberikan fasilitas penunjang seperti penyediaan LCD dan juz 'amma guna meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Faktor pendukung dan penghambat ini mempengaruhi tingkat kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Tingkat kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas IV di UPT SD Negeri 238 Gresik adalah tergolong sedang. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Sukmawardany
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:55
Last Modified: 09 Sep 2022 03:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5797

Actions (login required)

View Item View Item