Upaya guru agama dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui pembiasaan amalan yaumiyah di SMP Negeri 1 Wonoayu Kab. Sidoarjo

Firda, Zahronia (2022) Upaya guru agama dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui pembiasaan amalan yaumiyah di SMP Negeri 1 Wonoayu Kab. Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129418_bab1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932129418_bab2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932129418_bab3.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932129418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
932129418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
932129418_bab6.pdf

Download (101kB)
[img] Text
932129418_daftarpustaka.pdf

Download (891kB)
[img] Text
932129418_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan kecerdasan spiritual pada peserta didik sangat penting diterapkan dalam lingkungan sekolah sebab adanya krisis moral yang kerap kali kita jumpai dalam di dunia pendidikan hal tersebut menjadikan tantangan tersendiri bagi para pendidik. Sebagai alternatif, pendidikan merupakan konsep yang dirancang dan diarahkan guna mengembangkan potensi peserta didik dengan cara memfasilitasi, memotivasi, membantu, membimbing, melatih, membiasakan dan memberi inspirasi serta melakukan pembelajaran dengan menciptakan suasana belajar yang menarik sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan spritual (SQ). Tujuannya adalah untuk : (1) untuk mengetahui apa saja kegiatan dari pembiasaan amalan yaumiyah di SMPN 1 Wonoayu Kab. Sidoarjo. (2) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembiasaan amalan yaumiyah yang dilakukan oleh guru agama dalam rangka untuk mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Wonoayu Kab. Sidoarjo. (3) untuk mengetahui pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik setelah dilaksanakannya pembiasaan amalan yaumiyah di SMPN 1 Wonoayu Kab. Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Wonoayu Kab. Sidoarjo. Sumber data guru agama baik guru agama Islam dan guru agama Kristen serta peserta didik baik yang beragama Islam dan yang beragama Kristen. metode observasi yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kegiatan pembiasaan amalan yaumiyah di SMPN 1 Wonoayu Kab. Sidoarjo dibedakan antara peserta didik yang beragama Islam dan yang beragama Kristen. masing-masing kegiatan tersebut terdiri dari tiga kegiatan diantaranya shalat dhuha, membaca yasin pada hari Jum’at sebelum pembelajaran dimulai dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Sedangkan untuk peserta didik yang beragama Kristen terdapat kegiatan membaca do’a Bapa Kami, membaca/ menghafal satu ayat pada Al-Kitab sebelum kegiatan kelas keagamaan berakhir dan mencatat khotbah pada ibadah Minggu. (2) proses pelaksanaan kegiatan pembiasaan amalan yaumiyah disesuaikan dengan aturan agama masing-masing. Adapun waktu pelaksanaannya sesuai jadwal yang ditentukan oleh sekolah. (3) untuk pengembangan kecerdasan spiritual setelah dilaksanakan pembiasaan amalan yaumiyah terbilang cukup efektif akan tetapi tidak membawa perubahan yang signifikan pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahronia Firda
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:20
Last Modified: 01 Sep 2022 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5787

Actions (login required)

View Item View Item