Strategi Guru Al-Qur'an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di MAN 1 Kota Kediri

Ulita, Syavira Nur (2022) Strategi Guru Al-Qur'an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932117318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117318_bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932117318_bab2.pdf

Download (311kB)
[img] Text
932117318_bab3.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932117318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
932117318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
932117318_bab6.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932117318_daftarpustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Seorang guru harus mampu menimbulkan semangat belajar individual. Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru al-Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x secara intrinsik, ekstrinsik serta faktor pendukung dan penghambat di MAN 1 Kota Kediri.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi.Hasil dari penelitian ini yaitu strategi guru al-Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara intrinsik yaitu dengan diberikannya kebiasaan-kebiasaan baik serta ditanamkannya ikhtiar batiniyah. Sedangkan strategi guru al-Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara ekstrinsik yaitu diberikannya cerita-cerita inspiratif atau cerita kesuksesan seseorang, guru memberikan reward kepada siswa yang aktif, guru memberikan hukuman yang bersifat mendidik kepada siswa yang pasif, serta guru menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan ketika dalam proses pembelajaran. Kemudian faktor pendukung guru al-Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu, ketika terdapat siswa yang menanggapi dari motivasi yang diberikan guru untuk kemudian dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, juga ketika ada siswa yang telah berhasil dalam proses belajarnya. Dalam artian yang berarti bahwa siswa tersebut telah mampu melaksanakan perintah guru sehingga mendapatkan hasil belajar atau nilai yang meningkat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, ketika terdapat siswa yang ramai atau celometan, ketika terdapat siswa yang terlambat masuk ke kelas, ketika terdapat penolakan dari dalam diri siswa, juga ketika terdapat siswa yang merespon berlebihan terhadap motivasi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syavira Nur Ulita
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:56
Last Modified: 29 Aug 2022 08:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5786

Actions (login required)

View Item View Item