Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Prasyarat (Prerequisite Knowledge) Siswa

Mafida, Vira (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Prasyarat (Prerequisite Knowledge) Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932308418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932308418_bab1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
932308418_bab2.pdf

Download (330kB)
[img] Text
932308418_bab3.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932308418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
932308418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
932308418_bab6.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932308418_daftarpustaka.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932308418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text
932308418_suratpernyataan.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis antara siswa yang menerima model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang menerima model pembelajaran konvensional, serta mengetahui perbedaan komunikasi matematis siswa dengan kemampuan prasyarat tinggi, kemampuan prasyarat sedang, maupun kemampuan prasyarat rendah antara siswa yang menerima model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang menerima model pembelajaran konvensional. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 di SMPN 2 Tarokan yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel menggunakan tehnik cluster random sampling. Dipilih dua sampel sebagai kelas eksperimen yaitu kelas 8-B dan kelas kontrol yaitu kelas 8-A. Kelas eksperimen diterapkan model problem based learning, sedangkan untuk kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Tehnik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP, LKS, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning, soal tes kemampuan prasyarat siswa, dan soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil pengujian hipotesis dilanjutkan dengan membandingkan rata-rata nilai siswa apabila H_0 ditolak yang berarti menunjukkan terdapat perbedaan. Hasil uji hipotesis 1 dalam penelitian ini diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) 0,038<0,05 maka H_0 ditolak sehingga kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis 2 diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) 0,907>0,05 maka H_0 diterima sehingga tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran problem based learning dengan siswa siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan prasyarat tinggi. Uji hipotesis 3 menunjukkan Asymp. Sig (2-tailed) 0,251>0,05 maka H_0 diterima sehingga tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan prasyarat sedang. Hasil uji hipotesis 4 menunjukkan Asymp. Sig (2-tailed) 0,024<0,05 maka H_0 ditolak sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang mendapat model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan prasyarat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Vira Mafida
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:41
Last Modified: 30 Aug 2022 02:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item