Kharisma, Helena Azalea (2022) Internalisasi Karakter Toleransi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Puri Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932131918_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932131918_bab1.pdf Download (577kB) |
|
Text
932131918_bab2.pdf Download (526kB) |
|
Text
932131918_bab3.pdf Download (329kB) |
|
Text
932131918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
|
Text
932131918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Text
932131918_bab6.pdf Download (154kB) |
|
Text
932131918_daftar_pustaka.pdf Download (380kB) |
|
Text
932131918_lampiran_skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Internalisasi karakter toleransi beragama merupakan proses penanaman nilai-nilai karakter toleransi beragama ke dalam diri individu sehingga nilai-nilai tersebut menjadi bagian dalam dirinya. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) tahap transformasi nilai pada proses internalisasi karakter toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, 2) tahap transaksi nilai pada proses internalisasi karakter toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, 3) tahap transinternalisasi pada proses internalisasi karakter toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah diantaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kepercayaan, memperpanjang pengamatan, dan tringulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Tahap transformasi nilai pada proses internalisasi karakter toleransi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan melalui pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode ceramah. proses pemahaman atau menumbuhkan pada tingkat kognitif peserta didik mengenai nilai-nilai toleransi yaitu kebebasan beragama, menghormati agama lain, dan tolong menolong. 2) Tahap transaksi nilai pada proses internalisasi karakter toleransi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan dengan menggunakan metode tanya jawab dan diskusi untuk mengetahui respond yang diberikan oleh siswa, apakah respond tersebut menerima atau tidak. 3) Tahap transinternalisasi pada proses internalisasi karakter toleransi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan tahap terakhir dalam proses internalisasi karakter toleransi beragama kegiatan yang dilakukan melalui keteladanan, pengkondisian dan pembiasaan yang akan melahirkan kepribadian siswa menjadi pribadi yang toleran terhadap agama lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Helena Azalea Kharisma |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:09 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5674 |
Actions (login required)
View Item |