Rahma, Zakiya Alfianita (2016) Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Pepsodent (Studi pada Mahasiswi STAIN Kediri yang menjadi santri di PP.Al-Amien Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
skripsi.zakiya.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam keputusan maupun minat pembelian suatu barang tergantung pada kualitas yang diperlihatkan oleh barang tersebut. Barang secara spesifik harus memperlihatkan kebutuhan dan keinginan pelanggan karena barang yang dirasakan dan dinikmati langsung oleh pelanggan akan segera mendapat penilaian sesuai atau tidak sesuai dengan harapan dan penilaian pelanggan. Kualitas harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada persepsi pelanggan. Dengan demikian persepsi kualitas dari konsumen juga berpengaruh dalam minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas terhadap minat beli produk Pepsodent pada Mahasiswi STAIN Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder diperoleh dari dokumentasi yang telah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi STAIN Kediri yang berdomisili di PP. Al-Amin Kediri yang memakai produk Pepsodent sebanyak 135 mahasiswi. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu meliputi: uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi sederhana, pengujian hipotesis melalui analisis korelasi, serta analisis koefisien determinasi (R2). Uji reliabilitas instrumen persepsi kualitas diperoleh nilai sebesar 0,7593 yang berada dikisaran nilai alpha 0,61-0,8 berarti reliabel dan pada minat beli diperoleh nilai sebesar 0,7660 yang berada dikisaran nilai alpha 0,61-0,8 berarti reliabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antara persepsi kualitas dengan minat beli produk Pepsodent pada mahasiswi STAIN Kediri sebesar 0,897 mempunyai makna hubungan antara persepsi kualitas terhadap minat beli termasuk dalam kriteria kuat, signifikan, dan searah. Analisis regresi menunjukkan hasil Y = 0,055 + 0,897 X + e, yang berarti jika variabel persepsi kualitas naik satu satuan maka tingkat minat beli akan naik sebesar 0,897. Nilai R Square adalah 0,583, R Square dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 58,3% minat beli dipengaruhi oleh persepsi kualitas dan 41,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, diantaranya: Faktor kecocokan dan Faktor situasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 07:41 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 07:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/563 |
Actions (login required)
View Item |