Hidayatulloh, Arif (2015) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118810_prabab.pdf Download (727kB) |
|
Text
932118810_bab2.pdf Download (639kB) |
|
Text
932118810_bab3.pdf Download (235kB) |
|
Text
932118810_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
932118810_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text
932118810_bab6.pdf Download (13kB) |
|
Text
932118810_daftar_pustaka.pdf Download (204kB) |
Abstract
ABSTRAK ARIF HIDAYATULLOH, Dosen Pembimbing Dr. WAHIDUL ANAM, M. Ag dan MOH. ZAINAL FANANI, M.Pd.I : Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014. Kata kunci: Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Implementasi, Kurikulum 2013. Perubahan Kurikulum pada dasarnya adalah usaha untuk memperbaiki kualitas pendidikan, Indonesia telah menerapkan Kurikulum 2013 perubahan dari KTSP, Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan. Kesiapan guru lebih penting dari pada pengembangan kurikulum 2013. Kenapa guru menjadi penting ? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Akan tetapi sangat bukan berarti tidak ada masalah yang di alami oleh guru dalam implementasi. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kota Kediri. Dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 di Kota Kediri ? dan 2) Bagaimana Problematika yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Kediri penulis menyimpulkan belum berjalan dengan maksimal masih ada kekurangan-kekurangan yang harus di perbaiki contohnya saja pendampingan dalam implementasi itu sangat kurang, kekurangan itu lebih terlihat di nasional dan akhirnya kurikulum 2013 oleh menteri pendidikan dan hanya beberapa sekolah yang menjadi percontohan penerapan K-13 di Kota Kediri . 2) Problematika Guru PAI antara lain mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran, karena kurangnya pemahaman guru tentang Kurikulum 2013 dengan konsep pembelajaran Kurikulum 2013, Guru PAI belum mempunyai persiapan yang cukup matang untuk melaksanakan penerapan Kurikulum 2013, Keterlambatan pengadaan pelatihan bagi guru-guru, khususnya guru PAI tentang kurikulum 2013 seperti workshop, pelatihanpelatihan bagi guru, sosialisasi kurikulum 2013, dan sebagainya terakhir Sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 di beberapa yang ada di Kota Kediri, sehingga menghambat pelaksanaan kurikulum yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 04:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 04:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5592 |
Actions (login required)
View Item |