Pengaruh Retun On Investment (ROI) Terhadap Volume Perdagangan Saham Perusahaan Publik Sektor Industri Barang Konsumsi di Jakarta Islamic Indeks

Masyrifah, Sobihah (2016) Pengaruh Retun On Investment (ROI) Terhadap Volume Perdagangan Saham Perusahaan Publik Sektor Industri Barang Konsumsi di Jakarta Islamic Indeks. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Cover_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Riwayat Hidup_tabel-dw.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Volume perdagangan adalah indikator sederhana yang penting untuk mengkonfirmasi tren dan mengidentifikasi momentum yang sedang berlangsung. Volume menggambarkan pertarungan antara permintaan dan penawaran saham yang dipengaruhi oleh kinerjaemiten (perusahaan penerbit saham). Return on investment (ROI) adalah rasio yang dipilih untuk menilai kinerja perusahaan, sebab mempunyai sifat yang lebih menyeluruh dibandingkan dengan rasio profitabilitas lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROI terhadap Volume Perdagangan Saham. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh ROI terhadap volume perdagangan saham pada perusahaan publik sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks. Data penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulanan Indofood Sukses Makmur Tbk, Kalbe Farma, dan Unilever Indonesia Tbk periode 2012 sampai 2015 yang diperoleh dari website resmi masing-masing perusahaan, juga data transaksi harian perusahaan yang diperoleh dari website Yahoo Finance, dan website resmi Bursa Efek Indonesia. Analisis dilakukan dengan uji asumsi klasik (uji normalitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas), uji korelasi, uji regresi sederhana dan uji determinasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ROI dan volume perdagangan saham mempunyai hubungan negatif yang mantap, dengan konstanta regresi 0,014 serta peningkatan (penurunan) nilai pervariabel bebas sebesar -0,32. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 29% sedangkan sisanya (71%) dipengaruhi faktor-faktor seperti rasio profitabilitas selain ROI, termasuk harga saham, pendapatan operasional dan pendapatan bersih dari internal perusahaan. Sedang faktor eksternal yang mempengaruhi volume perdagangan adalah nilai tukar, inflasi, suku bunga, kerusakan moral yang mempengaruhi kepercayaan publik terhadap perusahaan, isu negative terhadap perusahaan, dan situasi ekonomi global.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Aug 2019 07:24
Last Modified: 07 Aug 2019 07:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item