Sa'diah, Binti Khalimatus (2022) Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkaran Kelas VIII di MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932303918_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932303918_bab1.pdf Download (250kB) |
|
Text
932303918_bab2.pdf Download (282kB) |
|
Text
932303918_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Text
932303918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
Text
932303918_bab5.pdf Download (112kB) |
|
Text
932303918_daftarpustaka.pdf Download (177kB) |
|
Text
932303918_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932303918_suratpernyataan.pdf Download (134kB) |
Abstract
ABSTRAK BINTI KHALIMATUS SA’DIAH. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Lingkaran Kelas VIII di MTsN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Pembimbing (1) Ninik Zuroidah, M.Si dan (2) Eka Sulistyawati, M.Pd. Kata Kunci : Instrumen Tes, Berpikir Kritis, Matematika Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Kemampuan tersebut dapat dikembangkan dengan menggunakan alat evaluasi yang tepat. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur dan kualitas dari pengembangan instrumen tes berpikir kritis pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan dari penelitian ini yaitu meliputi tahap analisis (analisis kurikulum dan kebutuhan peserta didik), perencanaan (merancang kisi-kisi, butir soal, kunci jawaban dan pedoman penskoran, dan lembar validasi), pengembangan (penyusunan kisi-kisi instrumen tes, butir soal instrumen tes, kunci jawaban dan pedoman penskoran), implementasi (uji coba produk) dan evaluasi (revisi produk). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri. Hasil dari penelitian ini yaitu instrumen tes yang dikembangkan memiliki validitas tinggi berdasarkan uji validasi ahli sebesar 0,96. Hasil uji reliabilitas instrumen tes berpikir kritis termasuk dalam kriteria tinggi yaitu 0,774. Hasil analisis persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik pada aspek elementary clarification sebesar 53,33%, the basic the decision sebesar 37,03%, inference sebesar 61,94%, advances clarification sebesar 55,37%, dan strategies and tactics sebesar 60,56%. Dengan demikian, keterampilan berpikir kritis pada setiap aspek termasuk dalam kategori rendah. Dengan demikian, pendidik perlu menggunakan instrumen tes untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Binti Khalimatus Sa'diah |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 06:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5567 |
Actions (login required)
View Item |