Pola Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto

Amir, Ahmad Ridho (2022) Pola Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138718_prabab.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932138718_bab1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932138718_bab2.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932138718_bab3.pdf

Download (62kB)
[img] Text
932138718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932138718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
932138718_bab6.pdf

Download (82kB)
[img] Text
932138718_daftarpustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932138718_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Ridho Amir, Dosen Pembimbing Ahmad Taufiq, M. Si dan Jerhi Wahyu Fernanda, M. Si. Pola Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Kedungmaling Sooko Mojokerto. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Pola Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren Dewasa ini bangsa kita mengalami krisis multidimensi dalam bidang pendidikan karakter dan berdampak pada generasi muda yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa dimasa yang akan datang, pendidikan karakter menjadi sangat penting untuk diaplikasikan lebih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pendidikan karakter yang ditanamkan di pondok pesantren Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto (2) Untuk mengetahui nilai-nilai karakter pendidikan yang ditanamkan di pondok pesantren Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Dalam metode pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang kemudian diolah serta dianalisis sehingga memperoleh kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pola pendidikan karakter yang diterapkan di pondok pesantren Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto yaitu melakukan pembiasaan yang dilaksanakan dalam kegiatan di pondok dengan berbagai macam kegiatan keagamaan maupun aktivitas sehari-hari, melakukan pembinaan dalam penegakan kedisiplinan dilakukan dengan membuat peraturan yang sudah disetujui pihak pengasuh pondok serta diketahui oleh seluruh santri, pemberian apresiasi serta penghargaan untuk santri yang berprestasi maupun santri teladan, serta mendapat hukuman apabila ada santri yang melanggar peraturan pondok, melaksanakan pembelajaran dengan model CTL (Contextual Teaching and Learning ). (2) Nilai-nilai karakter yang paling ditekankan atau ditonjolkan di pondok pesantren Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto yaitu ada tiga karakter diantaranya karakter religius, disiplin, dan mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Ridho Amir
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:36
Last Modified: 09 Aug 2022 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item