Problematika Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTsN Ngronggot Kabupaten Nganjuk

Mamluatin, Anis (2015) Problematika Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTsN Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114611_prabab.pdf

Download (562kB)
[img] Text
932114611_bab1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
932114611_bab2.pdf

Download (682kB)
[img] Text
932114611_bab3.pdf

Download (465kB)
[img] Text
932114611_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
932114611_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
932114611_bab6.pdf

Download (191kB)

Abstract

Problematika pembelajaran sering dihadapi para guru, termasuk juga guru akidah akhlak. Setiap guru menghadapi problem masing-masing dimana pun ia mengajar baik kota maupun desa. Peneliti lebih tertarik untuk meneliti di MTsN Ngronggot, karena MTsN Ngronggot merupakan satu-satunya MTs Negeri di desa Ngronggot. Dengan berbagai masalah belajar yang dihadapi anak desa, maka hal tersebut juga menjadi PR bagi seorang guru. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui: 1) problematika apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran akidah akhlak. 2) bagaimana solusi yang dilakukan guru akidah akhlak kelas VII-6 dalam mengatasi problematika pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus. Obyek penelitian adalah kelas VII-6 di MTsN Ngronggot kabupaten x Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran akidah akhlak meliputi: peserta didik kurang disiplin, motivasi belajar kurang, metode yang digunakan kurang variatif. 2) Solusi yang dilakukan guru akidah akhlak diantaranya: menertibkan peserta didik yang kurang disiplin, memberikan motivasi, menggunakan tiga macam metode yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:16
Last Modified: 09 Aug 2022 02:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item