Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X F Di SMAN 1 Purwoasri Tahun 2014/2015

Fauzi, Ahmad Hasan (2015) Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X F Di SMAN 1 Purwoasri Tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122210_prabab.pdf

Download (793kB)
[img] Text
932122210_bab1.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932122210_bab2.pdf

Download (433kB)
[img] Text
932122210_bab3.pdf

Download (492kB)
[img] Text
932122210_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
932122210_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
932122210_bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932122210_daftar_pustaka.pdf

Download (399kB)

Abstract

Motivasi belajar memiliki peranan yang penting dalam mendorong kesuksesan belajar pada siswa. Motivasi merupakan alat penggerak bagi seseorang untuk mewujudkan cita�citanya sehingga motivasi sangat berperan penting dalam menentukan arah kehidupan yang dialami dan yang akan diharapkan. Maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X F di SMAN 1 Purwoasri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 2. Apa penyebab terjadinya perbedaan motivasi belajar siswa kelas X F di SMAN 1 Purwoasri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 3. Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas X F di SMAN 1 Purwoasri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 purwoasri, faktor penyebab terjadi perbedaan motivasi belajar di SMAN 1 purwoasri, dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 purwoasri. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu data yang disajikan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran. Dan dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode interview(wawancara), observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X F di SMAN 1 Purwoasri masih rendah. Hal ini disebabkan karena faktor kecerdasan siswa, kondisi fisik, karena faktor lingkungan, dan karena faktor cuaca saat pembelajaran. Sedangkan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajarnya yakni dengan memberi arahan kepada siswa akan pentingnya Pendidikan Agama Islam bagi dirinya dan memberikan tugas-tugas kepada siswa agar dalam diri mereka tertanam sikap mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:11
Last Modified: 09 Aug 2022 02:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item