Khusna, Asmaul (2022) Problematika Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Siswa Di SMP Negeri 1 Bagor. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116218_prabab.pdf Download (459kB) |
|
Text
932116218_bab1.pdf Download (373kB) |
|
Text
932116218_bab2.pdf Download (345kB) |
|
Text
932116218_bab3.pdf Download (321kB) |
|
Text
932116218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
932116218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Text
932116218_bab6.pdf Download (56kB) |
|
Text
932116218_daftarpustaka.pdf Download (108kB) |
|
Text
932116218_suratpernyataan.pdf Download (359kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa masih banyak siswa yang memiliki akhlak yang kurang baik dilihat dari banyaknya minat siswa dalam mapel PAI, kebiasaan dalam hal membaca al-qur‟an , berperilaku sopan santun, dan juga penerapan dalam 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun ). Dari beberapa persoalan yang muncul di SMP Negeri 1 Bagor, maka masalah yang diangkat problematika dan solusi yang dihadapi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah siswa di SMPN 1 Bagor dan bagaimana metode penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di SMP Negeri 1 Bagor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di SMP Negeri 1 Bagor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Metode pengumpulan data menunggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan pengolahan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Problematika yang sering terjadi seperti kurangnya pertemuan yang minim, siswa banyak kena pengaruh dari luar sekolah, serta pengaruh dari media sosial. Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 1 Bagor sudah berjalan dengan baik yaitu penanaman akhlak siswa dengan cara pemberian nasehat yang diberikan oleh guru kepada siswa pada saat pembelajaran berlangsung, dan juga pada saat siswa melanggar peraturan, pembiasaan dalam budaya penerapan 5S yang dilaksanakan setiap hari, berjabat tangan dengan guru serta berdoa sebelum belajar, menuntun kendaraan saat sampai digerbang. Akhlak siswa sudah tergolong cukup baik disekolah tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asmaul Khusna |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 04:55 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 04:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5508 |
Actions (login required)
View Item |